Jakarta (ANTARA) — Sebanyak 165 peserta dari lima benua lolos tahap administrasi untuk mengikuti pra kualifikasi MTQ Internasional ke-4 di Jakarta. Adapun rincian peserta yakni 77 peserta dari Afrika, 4 Amerika, 64 Asia, 2 Australia, dan 15 Eropa.
 
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengungkapkan, perhelatan MTQ Internasional merupakan momentum untuk membangun peradaban Islam di dunia.

“MTQ Internasional yang bakal digelar di Indonesia sekitar bulan Maret atau April 2024 menjadi panggung bagi peserta dari 5 benua untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan jaringan. Selain itu, para peserta juga turut berkontribusi membangun peradaban Islam di dunia,” ujar Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat.

Ia menyebut, Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia memberi perhatian yang besar terhadap pelaksanaan MTQ. Menurutnya, MTQ Internasional juga menjadi sarana untuk memperluas pemahaman generasi muda terhadap isi Al-Qur’an.

“Digelar sejak 1968, pelaksanaan rutin MTQ di Indonesia telah melahirkan banyak juara dalam setiap cabang perlombaan, memberi dampak positif yang signifikan terhadap kecintaan masyarakat dan generasi muda terhadap Al-Qur’an. Pesantren dan lembaga penghafal Al-Qur’an mengalami peningkatan setiap tahunnya,” ulasnya.

Sebagai tuan rumah perhelatan akbar, imbuh Kamaruddin, Indonesia telah menyediakan infrastruktur yang memadai. “Termasuk digitalisasi dalam penyelenggaraan acara serta kualifikasi dan kompetensi Dewan Hakim yang berstandar internasional ditambah antusiasme yang baik dengan ditandai banyaknya peserta yang mengikuti Pra Kualifikasi MTQ Internasional,” tambahnya.

Ia optimis, perhelatan MTQ Internasional mulai Pra Kualifikasi hingga babak utama akan berlangsung lancar, sukses, dan berdampak positif terhadap hubungan antarnegara.

“Banyaknya peserta yang mengikuti Pra Kualifikasi MTQ Internasional membuktikan antusiasme negara-negara di berbagai belahan dunia,” ungkapnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023