Peremajaan kota ini menciptakan lingkungan baru berkelas dunia di jantung kota Tokyo
Kota di dalam kota, di mana masyarakat dapat menetap, bekerja, dan bersenang-senang dalam jarak sangat dekat
Penekanan luar biasa pada “Green & Wellness”, dengan tanaman hijau nan subur seluas 24.000 m2
Lokasi prima dan fungsi terintegrasi memperkuat daya saing Tokyo di kancah internasional

Tokyo--(ANTARA/Business Wire)-- Mori Building Co. Ltd. adalah pengembang lanskap perkotaan terkemuka di Jepang. Hari ini Mori Building meresmikan peluncuran Azabudai Hills, sebuah kompleks serba guna dan lingkungan baru berkelas dunia di pusat kota Tokyo. Mengusung konsep “Modern Urban Village – Green & Wellness”, Azabudai Hills adalah gedung yang dikelilingi alam dengan fungsi perkotaan terintegrasi termasuk pusat bisnis kelas atas, perumahan, ritel, budaya, fasilitas kesehatan, institusi pendidikan, dan ruang terbuka amat besar yang penuh tanaman hijau nan subur sebagai tempat berkumpul masyarakat.

Visi Mori Building: Menjadikan Azabudai Hills sebagai komunitas "Green & Wellness" yang menjadi standar abad ke-21, di mana masyarakat hidup harmonis dengan alam. Luas Azabudai Hills adalah sekitar 8,1 hektar dengan total luas lantai sekitar 861,700 m², termasuk ruang perkantoran seluas 214.500 m² dan tanaman hijau seluas 24,000 m², 1.400 unit pemukiman, hotel berisi 122 kamar, dan kurang lebih 150 toko ritel maupun restoran. Mori JP Tower menjulang setinggi 330 meter dan merupakan gedung tertinggi di Jepang. Peremajaan lingkungan “kota di dalam kota” ini akan menampung sekitar 20.000 pekerja kantoran dan 3.500 penduduk setelah terisi penuh, dan diperkirakan akan dikunjungi 30 juta orang per tahun.

“Mori Building didedikasikan untuk menciptakan dan memelihara vitalitas kota melalui berbagai proyek peremajaan perkotaan berskala besar,” kata Shingo Tsuji, Presiden dan CEO Mori Building Co., Ltd. “Selama bertahun-tahun, kami selalu mengharapkan arah kota masa depan seiring dengan berkembangnya masyarakat. Kota-kota besar di seluruh dunia mengalami perubahan amat besar dalam beberapa tahun terakhir. Kami percaya, yang diinginkan masyarakat dari kehidupan perkotaan di masa depan adalah akses ke berbagai fungsi terintegrasi dan hidup selaras dengan alam, menjalin hubungan dengan sesama, dan menikmati kesejahteraan jasmani maupun jiwa. Kami ingin menciptakan lingkungan yang mewujudkan nilai-nilai ini di pusat kota Tokyo. Azabudai Hills mencerminkan visi ‘Green & Wellness’ kami untuk kehidupan perkotaan dan ambisi kami untuk berkontribusi terhadap daya saing Tokyo di kancah internasional.”

Desain yang Terinspirasi oleh Green & Wellness

Azabudai Hills mewujudkan visi Mori tentang Modern Urban Village –Green & Wellness, sebuah ruang terbuka yang amat besar dan dikelilingi tanaman hijau nan subur sebagai tempat berkumpul masyarakat untuk membangun komunitas baru di pusat kota Tokyo.

Desain arsitektur Azabudai Hills dimulai dengan membuat skema arus manusia dan lanskap berkesinambungan dengan alun-alun umum Central Green. Kemudian lokasinya dipertimbangkan untuk membangun menara bertingkat tinggi agar dapat melebur dengan tanaman hijau yang subur. Berbeda dengan pendekatan tradisional yang menempatkan bangunan terlebih dulu.

Selain itu, menggunakan menara bertingkat tinggi yang padat akan menciptakan ruang hijau yang luas di area tersebut. Dengan menyatukan beberapa bidang tanah kecil untuk membangun tiga gedung pencakar langit di lokasi itu, Mori Building menciptakan ruang terbuka yang sangat besar dan penuh tanaman hijau di permukaan tanah. Ini merupakan dasar konsep Vertical Garden City yang telah diterapkan selama bertahun-tahun oleh Mori Building di seluruh proyek ikoniknya, termasuk ARK Hills, Roppongi Hills, dan Toranomon Hills.

Azabudai Hills semakin mendekatkan masyarakat pada alam dengan sekitar 320 spesies tanaman yang menyulap ruang tersebut di setiap musim. Sebuah kebun buah seluas kurang lebih 200 m² akan ditempatkan di ruang hijau miring berisi 11 jenis pohon buah, sehingga memberikan kesempatan langka bagi penduduk kota untuk menyaksikan keajaiban alam.

Pemasangan karya seni publik di seluruh kompleks tersebut menciptakan ruang kota yang memadukan seni dan budaya dengan sangat harmonis dan masyarakat dapat memvisualisasikan hubungan mereka dengan dunia alam. Galeri Azabudai Hills akan menjadi fasilitas promosi budaya inti di Azabudai Hills, sebuah pembangunan berdasarkan konsep menjadikan "seluruh kota sebagai museum".

Tim arsitektur dan desain ternama seperti Pelli Clarke & Partners dan Heatherwick Studio bersama-sama menciptakan gedung khas Jepang dengan menggunakan unsur estetika, topografi, dan musiman lokal, sekaligus menyediakan kerangka baru bagi kehidupan perkotaan yang berfokus pada penghijauan, kesehatan dan keharmonisan dengan alam yang penerapannya lebih luas.

“Kota merupakan salah satu penemuan terbesar umat manusia dan Azabudai Hills telah mendorong perkembangan kota secara dramatis dengan memadukan arsitektur, alam, dan masyarakat. Melalui kerja sama langsung dengan Mr. Minoru Mori dan Mr. Shingo Tsuji, kami telah menciptakan kota dalam kota yang aktif, beragam, dan manusiawi,” kata Fred Clarke, salah satu Pendiri dan Mitra Pelli Clarke & Partners. “Dengan mengutamakan warganya, Mori Building dan tim desain berupaya berkontribusi pada seni dan sains dalam membangun masa depan perkotaan kita. Sungguh menjadi kehormatan bagi kami untuk berbagi visi mereka selama puluhan tahun!”

“Kami terinspirasi untuk menciptakan kawasan yang terhubung dengan perasaan masyarakat dengan cara berbeda,” kata Thomas Heatherwick, Pendiri Heatherwick Studio. “Dengan memadukan fasilitas budaya dan sosial dengan lanskap tiga dimensi yang luar biasa dan dapat dijelajahi, kami dapat menyediakan tempat bagi pengunjung dan masyarakat lokal untuk saling terhubung dan menikmati ruang publik hijau yang terbuka. Ini adalah tempat umum yang menyenangkan dan unik bagi Tokyo, yang dirancang untuk dihargai selama bertahun-tahun.”

Kantor Pusat Berbagai Bisnis Terkemuka dan Institusi Global

Azabudai Hills didukung mitra yang sama-sama memiliki visi Green & Wellness. Para mitra bergengsi ini antara lain adalah Keio University Center for Preventive Medicine; The British School in Tokyo, salah satu sekolah internasional terbesar di pusat kotas; Janu Tokyo, salah satu merek pertama di dunia dari perusahaan induk Aman dan satu-satunya hotel yang sedang dibangun; Aman Residences, Tokyo, menetapkan standar hidup sama sekali baru yang hanya memiliki 91 unit dan menawarkan gaya hidup merek Aman disertai layanan lengkap; Tokyo Venture Capital Hub, menyatukan lebih dari 70 modal ventura Jepang yang terdiri dari kurang lebih 150 toko ritel yang mencakup berbagai merek mewah kelas dunia; Azabudai Hills Market, mempromosikan budaya makanan asli Jepang; DIGITAL ART MUSEUM MORI Building yang terkenal: EPSON teamLab Borderless, dulunya terletak di Odaiba, Tokyo. Banyak dari perusahaan hebat ini telah dibuka di Azabudai Hills dan akan disusul oleh pembukaan berbagai perusahaan lain setelah bulan Desember 2023.

Jadwal Peluncuran Mendatang

    • Akhir Januari 2024 - Azabudai Hills Market
    • Awal Februari 2024 - MORI Building Digital Art Museum: EPSON teamLab Borderless
    • Februari 2024 - Janu Tokyo
    • Mulai Februari 2024 - Garden Plaza (merek-merek mewah)

35 Tahun dalam Pembuatan

Proyek Azabudai Hills dimulai pada tahun 1989 dengan dibentuknya Dewan Peremajaan Kota. Lokasi proyek ini meliputi kawasan yang panjang dan sempit, dipisahkan oleh perbukitan dan lembah dengan medan yang kompleks. Sebelum peremajaan, kawasan yang terpisah-pisah ini penuh rumah kayu berukuran kecil dan bangunan yang memerlukan perombakan infrastruktur besar-besaran maupun peningkatan fungsi perkotaan.

Sejak itu, selama hampir 35 tahun Mori Building Co. bekerja sama dengan sekitar 300 pemilik tanah dari berbagai latar belakang untuk mewujudkan Azabudai Hills. Proyek ini mendapat dukungan luar biasa dari para pemilik tanah dan konstituen lokal. Tahun 2017, Rencana Kota ini disetujui dan mulai dibangun pada bulan Agustus 2019.

“Saya akan memasuki usia 99 tahun pada bulan Desember ini. Proyek Azabudai Hills dimulai ketika saya berusia 60-an. Dengan cermat, kami memastikan bahwa semua orang menyetujui rencana pembangunan baru tersebut. Setelah diputuskan, proses pembangunannya sangat cepat sehingga sulit dipercaya bahwa sekarang sudah hampir rampung. Mori Building berperan penting dalam memimpin peremajaan kota dan mewujudkan proyek yang belum pernah ada sebelumnya,” kata Kenichi Magatani, Pimpinan Azabudai Hills Urban Redevelopment Association.

“Meskipun sudah lama tinggal di lingkungan ini, saya belum pernah melihat proyek pembangunan perkotaan yang sangat dinamis di pusat kota. Saya yakin, masyarakat akan terpukau melihat menara-menara tinggi yang spektakuler ini, tanaman hijau yang melimpah, dan fasilitas luar biasa seperti pasar dan restoran, toko ritel, museum, pusat kesehatan, dan sekolah internasional. Saya sangat yakin, lingkungan yang diremajakan ini akan menjadi kebanggaan Tokyo dan Jepang selama puluhan tahun mendatang,” kata Magatani.

Memfasilitasi Inovasi/Ekosistem Modal Ventura (MV)

Azabudai Hills merupakan lokasi Tokyo Venture Capital Hub (TVCH), sebuah pusat modal ventura berskala besar yang pertama di Jepang. TVCH dirancang untuk mendorong perusahaan rintisan lokal, bertukar ide bisnis antara MV dan wirausahawan, dan menciptakan ekosistem yang merevitalisasi perekonomian inovasi Jepang.

Terletak di lantai 4 dan 5 Garden Plaza B, TVCH menawarkan ruang perkantoran terbaik dan area kerja bersama yang memfasilitasi promosi investasi, seminar, lokakarya, dan acara networking. TVCH akan menjadi tuan rumah bagi sekitar 70 MV korporat dan MV independen terkemuka seperti Drone Fund, Incubate Fund, Spiral Capital, Japan Venture Capital Association dan University of Tokyo Edge Capital Partners (UTEC).

Selain itu, perusahaan rintisan, MV, dan perusahaan di TVCH didorong untuk bekerja sama dengan kolaborator di inkubator inovasi lain seperti ARCH, CIC Tokyo, dan Japan Innovation Campus di Silicon Valley yang berlokasi di properti lain milik Mori di Jepang maupun luar negeri.

Pemimpin Dalam Hal Keberlanjutan

Azabudai Hills adalah pemimpin dalam mendukung upaya seluruh kota dalam hal dekarbonisasi dan daur ulang sumber daya. Setelah pembangunan selesai, 100% listrik yang dipasok ke kompleks ini akan berasal dari sumber terbarukan, sehingga memenuhi target yang ditetapkan oleh inisiatif lingkungan hidup internasional Renewable Energy 100% (RE100) yang dipimpin oleh Climate Group Inggris. Teknologi AI akan diterapkan di pusat energi untuk mengoptimalkan pengelolaan konsumsi energi serba guna di kompleks yang besar ini.

Selain itu, Azabudai Hills akan menerapkan langkah-langkah di seluruh kompleks ini untuk mengurangi dampak lingkungan, termasuk penggunaan energi alternatif, penggunaan kembali air limpasan hujan untuk mengairi tanaman hijau, dan daur ulang plastik horizontal.

Azabudai Hills akan mendapatkan beberapa penghargaan lingkungan hidup yang bergengsi, termasuk sertifikasi LEED Neighborhood Development tertinggi untuk pembangunan multi guna, sertifikasi BD+C (Building Design/Core and Shell Development) LEED, dan sertifikasi WELL.

Buku fakta berisi rincian lengkap tentang Azabudai Hills dan semua fasilitasnya tersedia di situs web:

Mori Building adalah pengembang perkotaan yang inovatif di Tokyo dan berkomitmen untuk memaksimalkan daya pikat kota-kota besar dengan menciptakan maupun memelihara pusat kota kosmopolitan yang aman dan berkelanjutan berdasarkan konsep unik Vertical Garden City tentang gedung pusat tertinggi untuk bisnis, pendidikan, rekreasi, dan hunian. Konsep ini digunakan di banyak proyek terdepan milik Mori Building, termasuk ARK Hills, Roppongi Hills, dan Toranomon Hills di Tokyo serta Shanghai World Financial Center. Mori Building juga terlibat dalam penyewaan real estat, manajemen proyek, dan konsultasi. Harap kunjungi www.mori.co.jp/en

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53861780/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Pertanyaan media internasional

Weber Shandwick
Mayuko Harada (Jepang)

Shiwei Yin (Di luar Jepang)

Sumber: Mori Building Co., Ltd.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023