Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin memenangi sprint race GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tomo, Sabtu, sekaligus menunda pesta perayaan juara sang pemuncak klasemen Francesco Bagnaia.

Memulai sprint race pada posisi keenam, Martin langsung melesat ke posisi kedua selepas balapan dengan 13 lap itu dimulai. Beberapa saat kemudian, posisi kedua miliknya diambil alih Brad Binder. Martin di posisi ketiga dan Bagnaia ada di belakangnya.

Martin terus menjaga jarak dari dua pembalap teratas, Vinales dan Binder. Sementara itu, di sisi lain, Bagnaia kehilangan posisinya karena didahului Marc Marquez. Memasuki lap keenam, Vinales, Binder, Martin, dan Marquez saling berdekatan dan meninggalkan Bagnaia yang cukup jauh tertinggal di posisi kelima.

Pada lap ketujuh, Binder mengambil posisi pertama dari Vinales. Satu lap kemudian, giliran Martin yang berada di posisi kedua setelah ia mendahului Vinales. Tak menunggu lama, pembalap asal Spanyol itu menempati posisi pertama pada lap yang sama setelah memanfaatkan kesalahan Binder yang terlalu melebar dalam tikungan.

Di sisa lap, Marquez menyalip Vinales untuk mengamankan posisi podium ketiga. Sementara itu, Martin terus melaju dengan motornya di posisi puncak.

Hingga berakhirnya balapan, posisi Martin tidak tergoyahkan untuk menyegel gelar kesembilan sprint race pada musim ini, diikuti Binder pada posisi kedua, dan Marquez di posisi ketiga. Sementara Bagnaia menyelesaikan balapan di posisi kelima.

Baca juga: Luca Marini akhiri kebersamaan bersama Mooney VR46

Tambahan 12 poin dari kemenangan sprint race membuat Martin memiliki 428 poin, memperkecil jarak dari pemuncak klasemen Bagnaia dengan selisih 14 poin. Hal ini membuat penentuan juara akan dilakukan pada balapan 27 lap Minggu (26/11) pukul 21.00 WIB.

Jika ingin juara, Martin harus memenangi balapan sembari berharap Bagnaia keluar dari posisi lima besar. Sebaliknya, Bagnaia yang merupakan juara bertahan tinggal membutuhkan finis setidaknya pada posisi kelima untuk mengunci gelar juara dua kali berturut-turut.

Berikut hasil sprint race GP Valencia 2023:
1. Jorge Martin
2. Brad Binder
3. Marc Marquez
4. Maverick Vinales
5. Francesco Bagnaia
6. Fabio Di Giannantonio
7. Marco Bezzecchi
8. Alex Marquez
9. Johann Zarco
10. Augusto Fernandez
11. Raul Fernandez
12. Jack Miller
13. Aleix Espargaro
14. Luca Marini
15. Franco Morbidelli
16. Pol Espargaro
17. Enea Bastianini
18. Takaaki Nakagami
19. Alex Rins
20. Lorenzo Savadori

Baca juga: Pedro Acosta tak sabar untuk debut di MotoGP tahun 2024
Baca juga: Rins ungkap kondisi pascacedera membaik tapi masih butuh pemulihan

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023