berhasil melakukan inovasi, berdedikasi, dan menginspirasi
Hulu Sungai Tengah, Kalsel (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan kategori dedikatif kepada seorang Guru Sekolah Dasar Negeri Kecil Juhu bernama Jamaluddin Rahmat yang berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan secara langsung pada kegiatan puncak peringatan Hari Guru Nasional 2023 di Kompleks Gelora Bung Karno Jakarta, pada Sabtu (25/11).

“Presiden memberikan penghargaan kepada guru karena gigih mengabdikan diri dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka demi kemajuan pendidikan,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani dalam keterangan tertulis yang diterima di Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Minggu.

Ia menuturkan penyelenggaraan Program Apresiasi GTK 2023 merupakan bagian dari peringatan Hari Guru Nasional 2023 yang mengangkat tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

“Presiden memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang berhasil melakukan inovasi, berdedikasi, dan menginspirasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk memajukan pendidikan di daerah,” ucapnya.

Baca juga: Dua tenaga pendidik Madrasah di Kalsel raih penghargaan nasional
Baca juga: NTB raih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar


Selain Jamaluddin Rahmat, ada dua orang tenaga kependidikan dari Hulu Sungai Tengah mendapat penghargaan, yakni Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Anton Nortasiah Rahmi sebagai peserta lima terbaik kategori Pengawas Sekolah Inovatif, dan Kepala TK IT Al Khair Muhammad Ramlan sebagai peserta lima terbaik kategori Kepala Sekolah TK Inovatif.

Penghargaan diberikan kepada para guru dan tenaga kependidikan yang telah berinovasi memberikan inspirasi mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Selain itu, GTK 2023 menjadi bentuk apresiasi terhadap peran dan tugas masing-masing guru tersebut.

Para penerima penghargaan di ajang ini adalah Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Kepala Satuan PAUD, Pendidik PAUD, Penilik, Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Laboratorium Sekolah, Tenaga Perpustakaan Sekolah, Pamong Belajar, dan Guru Pembimbing Khusus.

Bupati Hulu Sungai Tengah Aulia Oktafiandi mengapresiasi guru asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang meraih penghargaan tersebut, pencapaian itu menjadi rekor baru untuk Kabupaten HST.

Dia mengatakan penghargaan itu menjadi catatan baru pada 2023 untuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah karena meraih Anugerah Merdeka Belajar dan Anugerah Kihajar dari Kemendikbudristek.

Ia mengingatkan para guru dan tenaga kependidikan harus memberikan layanan sebaik-baiknya kepada para generasi bangsa agar bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, khususnya di Kabupaten HST.

“Saya ucapkan selamat kepada guru yang menerima penghargaan dari Presiden Jokowi, semoga menginspirasi bagi guru lain di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” ujar Aulia.

Baca juga: ITS terima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek
Baca juga: Universitas Brawijaya raih Anugerah Merdeka Belajar
Baca juga: Pemkot Kediri terima penghargaan Anugerah Kampus Merdeka

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023