Banjarmasin (ANTARA) -
Dua tenaga pendidik di Provinsi Kalimantan Selatan, yakni, seorang guru madrasah dan seorang pengawas madrasah meraih penghargaan nasional dalam bentuk Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Nasional tahun 2023.
 
Menurut Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Bukhari Muslim dalam keterangannya di Banjarmasin, Sabtu, keduanya diberikan Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Nasional oleh Kementerian Agama RI.
 
"Penyerahan anugerah kepada dua tenaga pendidik di provinsi kita ini dilangsungkan di Jakarta, dihadiri langsung Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas beserta pejabat dari Dirjen Pendis Kemenag RI," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan dua tenaga pendidik madrasah yang meraih prestasi itu, yakni, Birhasani sebagai pengawas madrasah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Taufikurrakhman sebagai Guru MAN 2 Kota Banjarmasin.
 
Dipaparkan dia, untuk Birhasani dinobatkan menjadi juara 3 tingkat nasional kategori guru dan tenaga kependidikan madrasah berprestasi, sedangkan Taufikurrakhman dinobatkan sebagai juara 2 tingkat nasional kategori guru dan tenaga kependidikan madrasah inspiratif.
 
"Tentunya kita merasa bangga atas capaian prestasi yang sudah mereka torehkan di nasional, sebagai kado istimewa di peringatan Hari Guru Nasional tahun ini," ujar Bukhari.
 
Dia pun mengharapkan prestasi tersebut dapat menjadi motivasi para guru dan tenaga kependidikan madrasah lainnya di provinsi ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi 13 kabupaten/kota tersebut.
 
"Guru hendaknya dapat membangun suasana belajar yang aktif, suasana belajar yang menyenangkan kreatif serta mandiri yang dapat mengilhami dan memberikan inspirasi untuk anak-anak didik, sesuai dengan sambutan yang disampaikan Gus Menag pada acara tersebut," paparnya.
 
Tentunya, lembaga pendidikan madrasah berbeda dengan sekolah umum, karena pembelajaran di madrasah mengandung nilai tarbiyah, dakwah dan pemberdayaan masyarakat untuk mencerdaskan anak didik.
 
Karena misi utamanya adalah untuk mendidik anak-anak menjadi anak yang cerdas, dan berakhlakul karimah.

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023