terimakasih kepada semuanya, atas koordinasi dan kerjasama yang baik
Banjarmasin (ANTARA) -
Kloter terakhir atau Kloter 17 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Kamis.
 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalsel Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Kamis, Kloter terakhir yang datang dari Arab Saudi ini sebanyak 222 orang.
 
Diungkapkan dia, jamaah haji pada Kloter terakhir ini gabungan yang berasal dari Kota Banjarmasin, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tanah Laut, Balangan, Banjar, Tapin dan Kota Banjarbaru.
 
"Ada juga jamaah haji dari Kotawaringin, Kalimantan Tengah," ujar Tambrin.

Baca juga: 297 haji kloter terakhir Debarkasi Solo tiba di Bandara Adi Soemarmo
Baca juga: Angkasa Pura I: Semua Jamaah haji asal NTB telah pulang
 
Menurut dia, dengan kedatangan Kloter terakhir ini maka jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah berada di tanah air sebanyak 5.685 orang.
 
Jumlah ini, ungkap Tambrin yang juga menjabat Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut, berkurang dari jumlah saat diberangkatkan, yakni, 5.708 orang dari Kalsel dan Kalteng.
 
Ini dikarenakan, ungkap dia, adanya jamaah haji yang wafat di Tanah Suci sebanyak 19 orang dan ada yang masih dirawat di RS Saudi sebanyak empat orang.
 
"Jamaah haji yang masih dirawat di RS Arab Saudi dan akan dipulangkan kalau sudah memungkinkan," paparnya.
 
Dia menyampaikan selaku Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang terlibat secara langsung ataupun tidak pada proses pemberangkatan dan pemulangan tahun ini.
 
"Terimakasih kepada semuanya, atas koordinasi dan kerjasama yang baik kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan dan memulangkan sejumlah 18 Kloter, hanya Allah yang bisa membalas dan menghitung kontribusi dan sumbangsih saudara semuanya sehingga operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 ini dapat terlaksana dengan lancar dan baik," demikian kata Tambrin.
   
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023