Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyampaikan apresiasinya terhadap kelancaran kedatangan jamaah haji Kloter 1 Debarkasi Banjarmasin dari Kabupaten Banjar pada Senin dinihari tadi.
 
Dia menyampaikan di Banjarbaru, Senin, rasa bersyukur bisa menyambut langsung kedatangan para tamu Allah dari Tanah Suci Makkah dan Madinah, Arab Saudi tersebut.
 
Gubernur Kalsel pada keberangkatan jamaah haji Kloter 1 ini juga melepas langsung pada 29 Mei 2023.
 
"Alhamdulillah, bersyukur dan bangga, para jamaah haji ini saat berangkat sebanyak 327 orang, kembali pulang tetap dengan jumlah yang sama," tuturnya.

Baca juga: Dua lagi peserta haji Embarkasi Banjarmasin wafat

Baca juga: Seluruh jamaah haji Kalsel dinyatakan lancar jalani ibadah Armuzna
 
Apalagi menurut laporan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, jamaah haji yang pakai kursi roda tinggal empat orang saat pulang ini.
 
"Padahal saat berangkat banyak, Alhamdulillah, sehat bisa berjalan, semoga yang masih pakai kursi roda juga sehat dan tidak pakai kursi roda lagi nantinya," ucap Gubernur.
 
Dia pun merasakan bagaimana rindunya para jamaah haji akan kampung halaman dan keluarga di rumah.
 
"Juga makanan Banjar pastinya, moga kerinduan semuanya itu bisa terobati, yang pasti moga semua mendapat haji yang mabrur," ujarnya.
 
Dia pun juga berdoa dan berbelasungkawa atas wafatnya para jamaah haji, khususnya Embarkasi Banjarmasin sebanyak sembilan orang, semoga diberikan Allah SWT pahala haji mabrur bagi syuhada haji tersebut.
 
Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan sesuai data kedatangan jamaah haji Kloter pertama ini yang diberangkatkan sebelumnya pada 29 Mei 2023 sebanyak 327 orang, pulangnya tetap berjumlah demikian.
 
Bahkan, ungkap dia, sebanyak 28 jamaah haji yang mulanya diberangkatkan pakai kursi roda, tinggal empat orang yang masih sama.
 
"Puluhan lainnya tidak pakai kursi roda lagi, Alhamdulillah, setelah haji, sehat," paparnya.
 
Dia pun menyampaikan, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 18 Kloter dengan jumlah jamaah haji sebanyak 5.708 orang beserta petugas haji.
 
Di mana, sebanyak sembilan orang jamaah haji Embarkasi Banjarmasin dari Kalsel dan Kalteng tersebut telah meninggal dunia di Tanah Suci.*
   

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023