Banjarmasin (ANTARA) -
Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi  Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin menyampaikan operasional keberangkatan jamaah calon haji dari embarkasi tersebut resmi berakhir dengan diberangkatkannya kloter 17 pada Kamis dinihari.
 
"Kloter 17 atau kloter terakhir Embarkasi Banjarmasin telah diberangkatkan pada hari ini pukul 01.34 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor ke Jeddah, Arab Saudi," ujar Tambrin di Asrama Haji di Kota Banjabaru, Kamis.
 
Menurut dia, diberangkatkannya kloter 17 dengan 224 calon haji tersebut, secara resmi operasional keberangkatan haji dari Embarkasi Banjarmasin berakhir.

Baca juga: Kloter 8 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan langsung ke Mekkah
 
Kloter 17 yang diberangkatkan merupakan campuran dari beberapa daerah, yakni Kota Banjarmasin sebanyak 184 orang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak sembilan orang, Kabupaten Tanah Laut sebanyak enam orang.
 
Selanjutnya, dari Kabupaten Kotabaru sebanyak enam orang, Kabupaten Banjar tiga orang, Kota Banjarbaru dua orang, Kabupaten Tapin dua orang, Kabupaten Balangan satu orang, Kabupaten Hulu Sungai Utara satu orang, dan Kabupaten Barito Kuala satu orang.
 
"Ada juga dua calon haji dari Kotawaringin Timur Kalteng," ujar Tambrin.
 
Menurut dia, dengan berangkatnya 17 kloter dan satu kloter tambahan, sehingga menjadi 18 kloter dari Embarkasi Banjarmasin, amaah calon haji dengan petugas haji dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada musim haji 2023 sebanyak 5.708 orang.
 
Tambrin berpesan kepada jamaah calon haji dan petugas haji bahwa pergi haji adalah berkah yang harus disyukuri dan sebaik-baik cara bersyukur dengan memaksimalkan dan fokus hanya untuk ibadah haji.
 
Dia juga berpesan agar saling tolong menolong antar-sesama jamaah dan petugas, terutama kepada jamaah lansia dan risiko tinggi saat di Tanah Suci Mekah dan Madinah.

Baca juga: Kalsel dapat tambahan kuota haji sebanyak 113 orang

Baca juga: Kemenag: Jamaah calon haji Banjarmasin terbagi dalam enam kloter
 
"Saya juga mengingatkan agar membekali diri dengan sabar dan lapang dada, karena ibadah haji adalah rangkaian ibadah yang dibangun di atas pondasi kesabaran," ujarnya.
 
Sebagai Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin dan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Tambrin menyampaikan terima kasih atas semua yang terlibat pada operasional keberangkatan haji tahun 2023, hingga semuanya bisa berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.
 
"Terima kasih atas koordinasi dan kerja sama yang baik hingga kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan petugas dan jamaah calon haji berjumlah 5.708 orang ke Tanah Suci," kata Tambrin.

Pewarta: Sukarli
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023