Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 3.914 orang haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah pulang ke tanah air dengan tibanya Kloter 12 pada Rabu hari ini.
 
Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Rabu, menyampaikan, jamaah haji Kloter 12 berasal dari Kota Banjarmasin, yakni, sebanyak 327 orang.
 
Dengan datangnya Kloter 12 ini, ungkapnya, tinggal enam Kloter lagi yang masih di Arab Saudi, mayoritas sudah berada di Madinah.

Baca juga: Dua Kloter haji asal Kalsel sudah tiba di Madinah
 
Dengan demikian, kata dia, masih sebanyak 1.780 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang masih di Arab Saudi dari 5.708 orang pada 18 Kloter yang diberangkatkan pada musim haji 2023 ini.
 
Karena, ungkap dia, sebanyak 14 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang wafat di Arab Saudi.

Baca juga: Sudah 9 kloter jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air
 
Tambrin yang merupakan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut mengharapkan kepada seluruh jemaah haji agar senantiasa memelihara kemabruran hajinya.
 
"Haji Mabrur merupakan tujuan utama bagi setiap jamaah haji, karena diharapkan akan mendatangkan berbagai kebaikan dan pahala yang besar," ujarnya.

Baca juga: Jamaah haji Kabupaten Tanah Laut dan Banjarmasin tiba di tanah air
 
Menurutnya, haji mabrur bukan hanya terkait dengan pelaksanaan fisik dari ritual-ritual haji, tetapi juga melibatkan aspek spiritual dan akhlak.
 
"Haji yang diterima oleh Allah adalah haji yang dilakukan dengan niat yang ikhlas, penuh kepatuhan, dan diiringi dengan perbaikan sikap dan perilaku sehari-hari," katanya

Baca juga: Jamaah haji Kloter 10 Debarkasi Banjarmasin tiba di tanah air
 
Selanjutnya Tambrin menyampaikan beberapa ciri-ciri haji mabrur, yakni, Ikhlas, haji yang mabrur didasarkan pada niat yang ikhlas, yaitu semata-mata dilakukan untuk mencari keridhaan Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya,” katanya.
 
“Kedua ketaatan, jamaah haji yang mabrur melaksanakan semua ritual haji sesuai dengan tuntunan yang telah ditetapkan, mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh agama," ujarnya.

Baca juga: PPIH: 1.635 jamaah haji Kalselteng sudah kembali ke Tanah Air
 
Selanjutnya yang ketiga adalah kebaikan dan amal shaleh, yakni, selama haji, jamaah berusaha untuk melakukan amal shaleh dan berbuat kebaikan, seperti membantu sesama, bersedekah, dan berperilaku baik.
 
Yang keempat pengendalian diri, jamaah haji yang mabrur mampu mengendalikan diri dari perbuatan dosa, menghindari sifat-sifat negatif dan menjaga tindakannya.
 
"Terakhir, perbaikan diri, haji mabrur juga melibatkan upaya untuk meningkatkan akhlak dan kualitas diri secara keseluruhan. Jamaah haji berusaha meningkatkan kesabaran, ketakwaan, keikhlasan, dan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari," demikian katanya.

Baca juga: 328 haji Kloter 2 Embarkasi Banjarmasin-Kalsel tiba di Tanah Air
Baca juga: Gubernur Kalsel apresiasi kelancaran kedatangan jamaah haji Kloter 1

Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023