Banjarmasin (ANTARA) -
Jamaah haji dari Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang tergabung di Kloter 11 Debarkasi Banjarmasin mendarat di tanah air di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Senin.
 
Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Senin, jamaah haji Kloter 11 Debarkasi Banjarmasin tiba di tanah air pada pukul 19.21 WITA.
 
"Kedatangan para jamaah haji Kloter 11 berjalan lancar dan sesuai jadwal," ujarnya.
 
Dengan kembalinya ke tanah air Kloter 11 inni, jamaah haji Debarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke kampung halaman dari berhaji ke tanah suci Arab Saudi lebih 3.500 orang beserta petugas haji.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 10 Debarkasi Banjarmasin tiba di tanah air

Baca juga: Kedatangan haji Embarkasi Banjarmasin sudah capai 2.939 orang
 
Dia pun terus menyampaikan, kepada jamaah haji, sepulangnya dari tanah suci atau semenjak tibanya di daerah masing-masing untuk memiliki komitmen sosial yang tinggi di tengah-tengah masyarakat.
 
Dia mengungkapkan predikat haji mabrur tidak diperoleh seorang haji ketika berada di Makkah dan Madinah, tapi justru ketika sudah kembali hidup di tengah masyarakat.
 
“Inilah yang harus diperjuangkan dan dijaga tatkala selesai menunaikan rukun Islam yang kelima. Keberhasilannya memperoleh gelar haji mabrur jelas sangat bergantung kepada sejauh mana komitmen sosialnya ketika berada kembali di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.
 
Tambrin selanjutnya mencontohkan sikap komitmen sosial tersebut diantaranya dengan peduli dan turut serta menyantuni fakir miskin dan anak-anak yatim, menolong orang yang sedang kesusahan, ikut berkiprah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam.
 
Demikian juga senang berinfak dan segala sesuatu yang baik adalah diantara perilaku yang harus diwujudkan dan senantiasa menghiasi kehidupan seorang haji mabrur.
 
Embarkasi Banjarmasin pada musim haji tahun 2023 ini memberangkatkan sebanyak 5.708 orang jamaah haji dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang tergabung pada 18 Kloter.
 
Sementara itu, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat di tanah suci sebanyak 14 orang, yakni, delapan orang asal Kalimantan Selatan dan enam orang berasal dari Kalimantan Tengah.*

Baca juga: PPIH: 1.635 jamaah haji Kalselteng sudah kembali ke Tanah Air

Baca juga: 328 haji Kloter 2 Embarkasi Banjarmasin-Kalsel tiba di Tanah Air

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023