Jumlah haji Kloter 2 yang pulang ke Tanah Air ini lebih satu orang dari keberangkatan sebelumnya, karena ada mutasi dari kloter lain.
Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 328 haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) telah tiba di Tanah Air pada Selasa (11/7) 2023 pukul 11.23 WITA di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.
 
Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin yang juga Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Selasa, Kloter 2 yang tiba ini jamaah haji dari Kabupaten Tabalong.
 
Ia menjelaskan jumlah haji Kloter 2 yang pulang ke Tanah Air ini lebih satu orang dari keberangkatan sebelumnya, karena ada mutasi dari kloter lain.
 
"Ada satu haji dari Kloter 4 yang ikut pulang bersama Kloter 2 ini," katanya.
 
Jamaah haji yang tiba di Tanah Air dari Arab Saudi ini langsung dibawa ke Asrama Haji Kota Banjarbaru, salah satunya untuk pengecekan kesehatan.
 
Ia mengajak seluruh jamaah haji yang telah selesai berhaji dan tiba di Tanah Air agar senantiasa menebarkan kebaikan saat berada di daerah masing-masing.
 
"Setelah ini jamaah haji akan diantar oleh panitia daerah dari asrama haji ke daerah masing-masing, saat berada di daerah akan disambut oleh keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya, oleh karenanya saya minta kepada jamaah haji agar dapat menjadi penebar kebaikan di masyarakat," katanya.

Ia mengatakan kata mabrur itu berakar dari kata "al-birr" yang bermakna baik atau kebaikan.
 
"Dan kebaikan tidak akan terwujud tanpa diiringi dengan usaha dan amal salih setelah berhaji, sehingga segala sesuatu yang baik adalah di antara perilaku yang harus diwujudkan dan senantiasa menghiasi kehidupan seorang haji mabrur," katanya.
 
Menurut dia, segala perbuatan baik dan amal saleh yang dilakukan oleh jamaah haji selama berada di tanah suci haruslah dapat diimplementasikan di lingkungan dan di masyarakat tempat tinggalnya.
 
"Sehingga kehadiran jamaah haji kembali di lingkungannya dapat memberikan dampak yang positif sebagai contoh seorang Muslim yang bukan hanya sholeh dalam ibadah tetapi juga sholeh dalam kehidupan sosial," katanya.

Hingga saat ini peserta haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke Tanah Air sebanyak 655 orang dari dua Kloter.
 
Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan 5.708 orang calon haji dari Kalsel dan Kalteng pada 18 Kloter pada musim haji tahun 2023 ini yang berangkat ke Tanah Suci. Sembilan di antaranya meninggal dunia, kata Muhammad Tambrin.

 
Baca juga: Gubernur Kalsel apresiasi kelancaran kedatangan jamaah haji Kloter 1

Baca juga: Dua lagi peserta haji Embarkasi Banjarmasin wafat

Baca juga: Kedatangan jamaah haji Debarkasi Banjarmasin tertunda

Baca juga: Dua jamaah haji dari Kalimantan Selatan wafat saat di Mina

 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023