Jamaah haji kuota tambahan yang datang dari Tanah Suci, Arab Saudi tersebut berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah
Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 245 haji kuota tambahan Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Jumat.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan  Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Jumat, menjelaskan jamaah haji kuota tambahan merupakan Kloter 18 Embarkasi Banjarmasin.
 
Menurut dia, jamaah haji kuota tambahan yang datang dari Tanah Suci, Arab Saudi tersebut berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
 
Ia menjelaskan,  jamaah haji Kloter 18 ini semula diberangkatkan sebanyak 246 orang, namun saat kepulangan hanya berjumlah sebanyak 245 haji, karena mutasi satu haji  atas nama Djardiah Sapra Nafis, mutasi ke kloter lain.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 8 asal NTB tiba di kampung halaman
 
Adapun jamaah haji Kloter 18 yang tiba di Tanah Air ini sesuai kabupaten/kota asalnya, yakni, untuk Provinsi Kalimantan Selatan, yakni  Kabupaten Tanah Laut sebanyak enam orang, Kabupaten Banjar sebanyak 60 orang, Kabupaten Tapin sebanyak empat orang, Hulu Sungai Utara sebanyak 35 orang.
 
Kemudian dari Kabupaten Tabalong sebanyak 18 orang, Kota Banjarbaru sebanyak tujuh orang, Kota Banjarmasin sebanyak delapan orang, Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak enam orang.
 
Sedangkan dari Provinsi Kalimantan Tengah, yakni Kabupaten Barito Utara sebanyak 14 orang, Barito Timur sebanyak empat orang, Seruyan sebanyak dua orang, Sukamara sebanyak delapan orang.
 
Kemudian Kabupaten Katingan satu orang, Kota Palangka Raya sebanyak 20 orang, Kapuas sebanyak 19 orang, Kotawaringin Timur enam orang, Lamandau sebanyak empat orang, Barito Selatan sebanyak lima orang, Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 16 orang dan tambahan petugas sebanyak empat orang.

Baca juga: Kemarin BPJS diharap tanggung obat herbal, petugas haji diapresiasi
 
Tambrin mengungkapkan, dengan kedatangan jamaah haji Kloter 18 tersebut maka total jemaah haji dan petugas Embarkasi Banjarmasin yang sudah tiba di Tanah Air sebanyak 4.486 orang. Yang belum kembali Kloter 14, 15, 16 dan 17.
 
Embarkasi Banjarmasin pada musim haji tahun 2023 ini memberangkatkan sebanyak 5.708 orang dari Kalsel dan Kalteng.
 
Tambrin mengharapkan seluruh proses pemulangan dapat berjalan dan terlaksana dengan aman, tertib dan lancar.
 
"Semoga semua jamaah kita dapat kembali ke Tanah Air dengan aman dan selamat sampai nanti diperjalanan pulang ke daerah masing-masing sehingga dapat berkumpul dengan keluarganya mereka," ujarnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023