selamat bertemu dan berkumpul dengan keluarga masing-masing
Banjarmasin (ANTARA) -
Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan, kedatangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin ke Tanah Air sudah mencapai 2.939 orang.
 
Menurut dia di Banjarmasin, Sabtu, ada sebanyak 9 kelompok terbang (Kloter) Embarkasi Banjarmasin yang sudah tiba di tanah air dari Arab Saudi ke Bandara Internasional Syamsuddin Noor hingga 21 Juli 2023 dengan jumlah haji beserta petugas haji sebanyak 2.939 orang.
 
"Sudah lebih 50 persen jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang pulang ke Tanah Air dengan selamat," ujarnya.
 
Menurut dia, Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan memberangkatkan sebanyak 5.708 orang termasuk petugas haji dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada 18 Kloter di musim haji 2023 ini.
 
"Artinya masih ada sembilan kloter lagi yang belum kembali ke Tanah Air, posisi mereka saat ini kebanyakan ada di Madinah," ujarnya.
Tambrin yang juga Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut menyampaikan, terakhir Kloter 9 yang datang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu dan Tapin, Kalsel dengan jumlah haji sebanyak 325 orang pada Jumat sekitar pukul 22.50 WITA.
 
Dia mengucapkan selamat datang bagi jamaah haji yang telah menyempurnakan rukun Islam.
 
"Semoga selalu disehatkan Allah, selamat bertemu dan berkumpul dengan keluarga masing-masing," ucapnya.
 
Tambrin melaporkan hingga kini haji yang wafat di Tanah Suci sebanyak 14 orang, yakni, dari Kalsel sebanyak delapan orang dan dari Kalteng sebanyak enam orang.
 
Tambrin mendoakan semoga semua jemaah haji yang wafat di Tanah Suci memperoleh haji yang mabrur dan umrah yang maqbul serta mendapatkan rahmat dan magfirah dari Allah SWT.

Baca juga: Kesehatan menurun, 2 jamaah lansia Kaltim "ditanazulkan" ke Tanah Air
Baca juga: Kemenag: Seorang haji Lampung yang hilang sudah ditemukan
Baca juga: Seorang hajah Debarkasi Solo meninggal di rumah sakit Kualanamu Medan
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023