Jadi ada dua Jamaah haji lansia yang pulang duluan karena sakit,"
Penajam, Kaltim (ANTARA) -
Dua Jamaah haji lanjut usia (lansia) asal Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) "ditanazulkan" (dipulangkan lebih cepat atau pulang lebih dahulu) ke Tanah Air karena kondisi kesehatannya menurun.
 
"Jamaah haji yang diberangkatkan 140 orang dan 12 orang di antaranya adalah lansia," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah di Penajam, Sabtu.

Ia menjelaskan rombongan jamaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara dijadwalkan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, pada Kamis (27/7) dan 3 Agustus 2023.
 
Jamaah haji asal daerah berjuluk Benuo Taka itu terbagi dalam kelompok terbang (Koter) 20 sebanyak 123 orang dan Kloter 21 sebanyak 17 orang.
 
"Jamaah haji kelompok terbang 20 tiba di Balikpapan pada 2 Juli 2023, kelompok terbang 21 tiba di Balikpapan 3 Agustus 2023," katanya.
 
Namun lanjut dia, ada dua jamaah haji lansia yang dipulangkan lebih awal dari jadwal kepulangan pada 27 Juli 2023 dengan alasan kesehatan.
 
Dua jamaah haji lansia yang "ditanazulkan" itu karena kondisi kesehatan menurun selama berada di Mekkah, Arab Saudi, dan tidak sempat mengikuti shalat Arbain (40 rakaat) bersama jamaah haji lainnya di Madinah.
 
Kedua jamaah haji lansia  tersebut yang pulang lebih cepat tersebut diikutkan pada kloter Kabupaten Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
"Jadi ada dua Jamaah haji lansia yang pulang duluan karena sakit," ujarnya.
 
Karena itu, kata dia, rombongan jamaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara yang bakal tiba di Tanah Air dengan kelompok terbang 20 pada 27 Juli 2023 sebanyak 121 orang, atau berkurang dua orang dari jumlah yang diberangkatkan sebelumnya.
 
Kemudian sebanyak 17 jamaah haji lainnya akan tiba di Tanah Air dengan kelompok terbang 21 pada 3 Agustus 2023, demikian Nurbayah.

Baca juga: Kedatangan kloter pertama jamaah haji Kaltim disambut gubernur

Baca juga: Ratusan jamaah haji Penajam pulang dalam kondisi sehat

Baca juga: Dinkes Kaltim ingatkan calon haji perbanyak minum air putih

Baca juga: Pemprov Kaltim serahkan hibah peningkatan sarana haji kepada Kemenag

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023