Yang sudah kembali sebanyak 5 Kloter dari Embarkasi Banjarmasin hingga Ahad (16/7) 2023 kemarin
Banjarmasin (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyatakan sebanyak 1.635 jamaah haji dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin, Kalsel sudah kembali ke Tanah Air hingga Senin (17/7) ini.

"Yang sudah kembali sebanyak 5 Kloter dari Embarkasi Banjarmasin hingga Ahad (16/7) 2023 kemarin," kata Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Senin.

Menurut dia, dari 5 Kloter yang sudah kembali ke tanah air tersebut, jumlah totalnya sebanyak 1.635 jamaah haji.

Menurut dia, Kloter 5 yang terakhir kembali ke Tanah Air adalah jamaah haji berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Barito Timur dan Lamandau, Kalteng.

"Jadi yang sudah kembali ke tanah air dari Embarkasi Banjarmasin ini, tiga Kloter dari Kalteng dan dua Kloter dari Kalsel," katanya.

Tambrin yang juga Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut menyampaikan untuk jamaah haji telah wafat di Tanah Suci per tanggal 15 Juli 2023 ada sebanyak 14 orang jemaah haji dengan rincian 8 orang jamaah haji Kalsel dan 6 orang dari Kalteng.

Sebelumnya, jumlah jamaah dan petugas haji yang berangkat melalui Embarkasi Banjarmasin sebanyak 5.708 orang, yang terdiri atas sebanyak 5.619 orang jamaah haji dan sebanyak 89 orang petugas kloter.

Dengan rincian jamaah haji Kalsel sebanyak 3.928 orang dan Kalteng sebanyak 1.691 orang.

Dengan demikian maka jumlah jemaah haji dari Kalsel dan Kalteng yang belum kembali ke Tanah Air sebanyak 4.073 selanjutnya jumlah tersebut dikurang 14 orang jamaah haji yang wafat sehingga jumlah total menjadi 4.087 jamaah haji yang masih berada di Arab Saudi.

"Masih ada 13 Kloter jamaah haji kita yang saat ini masih berada di Arab Saudi yang tersebar di Mekkah dan Madinah," katanya.

Dia menerangkan kloter yang tergabung dalam Gelombang 1 yaitu Kloter 1 sd 7 sedang persiapan mengikuti pemulangan melalui Bandara Internasional di Jedah Arab Saudi.

Sedangkan kloter yang tergabung dalam Gelombang II dari 8--18 sebagian sudah berada di Madinah untuk melaksanakan ibadah Arbain dan ziarah makam Rasulullah dan sebagian lagi masih di Mekkah, demikian Muhammad Tambrin.

Baca juga: 328 haji Kloter 2 Embarkasi Banjarmasin-Kalsel tiba di Tanah Air

Baca juga: Gubernur Kalsel apresiasi kelancaran kedatangan jamaah haji Kloter 1

Baca juga: Dua lagi peserta haji Embarkasi Banjarmasin wafat

Baca juga: Seluruh jamaah haji Kalsel dinyatakan lancar jalani ibadah Armuzna

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023