Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar sebagai Pemerintah Daerah Transformatif Tingkat Provinsi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi karena dinilai sukses dalam program transformasi pendidikan vokasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Aidy Furqan menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih NTB tersebut.

"Alhamdulillah, di 2023 di kegiatan Merdeka Belajar, NTB mendapat apresiasi dari kementerian untuk kategori Transformasi Pendidikan Vokasi. Jadi hanya ada tiga atau empat provinsi di Indonesia yang mendapat penghargaan dari Mas Menteri atas suksesnya kita melakukan transformasi pendidikan vokasi di NTB," ujarnya di Mataram, Selasa.

Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah yang diserahkan langsung Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim di Gedung Trimurti Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5).

Baca juga: ITS terima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek

Baca juga: Universitas Brawijaya raih Anugerah Merdeka Belajar


NTB dinilai berhasil meningkatkan penyerapan lulusan SMK dengan mendorong terbentuknya Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) dan juga penerapan teaching factory dalam pembelajaran di SMK pada daerah masing-masing.

Aidy mengatakan upaya-upaya yang telah dilakukan NTB sehingga berhasil mendapat penghargaan Merdeka Belajar di antaranya adalah penyelenggaraan kemitraan dan adanya SMK BLUD.

"Jadi rupanya di Indonesia baru beberapa provinsi saja yang melakukan transformasi pendidikan vokasi sehingga disebut sangat sedikit sekali, NTB salah satu bagiannya," katanya.*

Baca juga: Dirjen: Semangat Ki Hajar Dewantara tertuang dalam Merdeka Belajar

Baca juga: Perpaduan pendidikan dan kebudayaan melalui Karnaval Merdeka Belajar

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023