Jakarta (ANTARA) -
Klinik perawatan gigi Maesa Dental Clinic membuka cabang terbarunya di Senopati dan menawarkan edukasi menyeluruh terkait perawatan gigi agar pasien tidak melakukan perawatan gigi di tempat yang tidak aman.
 
"Jadi aku selalu edukasi dokter di Maesa dimana kita menyelamatkan gigi pasien, karena pasien yang tidak teredukasi dan kurang mengerti yang pergi bukan ke dokter gigi, itu efeknya jangka panjang bagi pasien," ucap pendiri Maesa Dental Klinik drg. Maesa Uswa Eastyqoma dalam konferensi pers pembukaan measa Dental Clinic di Jakarta, Minggu.
 
Maesa mengatakan dirinya menghadirkan klinik gigi Maesa karena ingin memberikan edukasi lebih kepada masyarakat yang masih melakukan perawatan gigi ke bukan dokter gigi agar beralih ke dokter yang lebih profesional dalam bidangnya.
Alat yang tidak steril, prosedur yang tidak benar dan pengetahuan dokter gigi "abal-abal" yang minim sangat tidak aman dan bisa berakibat efek jangka panjang pada gigi pasien seperti gigi tumbuh tidak pada tempatnya atau akar gigi yang rusak.
Ruang praktek dokter di Maesa Dental Clinic Senopati (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Ia pun menerapkan standar operasional dalam prakteknya untuk memperbanyak edukasi dan komunikasi kepada pasien sebelum melakukan tindakan.
 
"Itu yang membedakan Maesa Dental, semua dokter SOPnya lamain penjelasan baru tindakan. Kenapa perlu penjelasan karena pasien tidak mau ke dokter gigi karena tidak tahu bukan tidak mau," kata Maesa.
 
Maesa juga mengatakan kebanyakan pasien yang ditangani di kliniknya adalah terkait masalah gigi ompong yang pernah dicabut di dokter gigi lain.
 
Ia mengatakan justru gigi harus sebisa mungkin dipertahankan dengan perawatan seperti penambalan, memperbaiki gigi, perawatan pada akar gigi yang rusak dan tidak langsung mencabut gigi.
 
Dia juga mengaku pasien gigi ompong banyak terjadi pada rentang usia 20 sampai 50 tahun di mana usia tersebut adalah usia produktif yang masih memerlukan gigi sehat dan lengkap untuk menjalani aktivitas.
 
Selain penambalan gigi perawatan lain yang tersedia di Maesa Dental Clinic adalah pemasangan crown, veneer, perawatan ortho atau pemakaian behel dan scaling. Klinik ini juga bisa melayani pasien anak-anak maupun dewasa.
Arena bermain anak di Maesa Dental Clinic Senopati (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Maesa Dental Clinic Senopati cabang ketiga berada di jalan Wolter Monginsidi Nomor 59 dan buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 9 pagi sampai 9 malam.
 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023