Jakarta (ANTARA News) - Deputi Gubernur Bank Indonesia terpilih Hendar berjanji akan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya setelah dipercaya oleh Komisi XI menggantikan Muliaman D Hadad yang mengundurkan diri.

"Saya akan berupaya untuk menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," kata Hendar melalui pesan singkat di Jakarta, Senin.

Hendar menyisihkan dua kandidat deputi gubernur BI lainnya yakni Asisten Gubernur BI Mulya Siregar dan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Devisa Treesna W Suparyono.

Hendar terpilih melalui voting dalam rapat internal yang digelar Komisi XI Senin malam. Dari 48 Anggota Komisi XI yang memberikan suara, 24 suara memilih Hendar, 18 suara memilih Treesna W Suparyono, dan 5 suara memilih Mulya Siregar, sementara itu satu suara tidak sah.

Hendar adalah Pria kelahiran Bandung 1957 yang meraih gelar. Sarjana Ekonomi Universitas Padjajaran. Ia juga meraih gelar MA bidang Ekonomi Pembangunan Centre for Development Economics, William College AS, dan mendapatkan gelar Doktor bidang ekonomi Universitas Padjajaran.

Hendar memulai karir di BI dari posisi Staf Urusan Kredit Umum BI pada 1983. Ia kemudian dipercaya menjadi Kabiro Kebijakan Moneter pada 2004. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter. Hendar diangkat menjadi Asisten Gubernur BI pada awal 2013.

Hendar sebelumnya juga pernah bersaing memperebutkan kursi Dewan Gubernur BI pada Maret, namun kalah dari Perry Warjiyo.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013