Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) pada 2023 membangun gedung sekolah baru SMP Negeri 3 Biak Kota dengan menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

"Tahun anggaran 2023 ada dana Otsus Papua bidang pendidikan yang dialokasikan sekitar Rp3 miliar untuk membangun gedung sekolah baru SMPN 3," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Kamaruddin di Biak, Minggu.

Menurut dia, program strategis bidang pendidikan pada era Otsus Papua merupakan prioritas daerah di bawah kebijakan Bupati Herry Ario Naap dan Wabup Calvin Mansnembra.

Baca juga: Pemkab Jayapura alokasikan dana Otsus guna tingkatkan mutu pendidikan

Peningkatan kualitas SDM putra-putri orang asli Papua (OAP), menurut Kamaruddin, sangat dipengaruhi pendidikan sehingga terus menjadi komitmen pemda untuk meningkatkan sarana prasarana satuan pendidikan.

"Bidang pendidikan memegang kunci peran penting dan strategis bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia OAP," kata dia.

Selain program fisik, menurut Kamaruddin, Pemkab Biak Numfor lewat program Dinas Pendidikan juga memberikan bantuan beasiswa program Kartu Biak Pintar.

Baca juga: Pemkab Biak salurkan dana Otsus Papua Rp51 miliar

"Tahun depan kami programkan untuk diperluas lagi bantuan beasiswa untuk mahasiswa yang berkuliah di luar negeri," kata mantan Kabag Kesra Setda Biak itu.

Ketika disinggung besaran beasiswa yang disiapkan tahun 2024, Kamaruddin mengatakan, untuk anggaran beasiswa mahasiswa kuliah di luar negeri jumlahnya cukup besar dari dana Otsus.

"Secara pasti besarannya kami masih tunggu penetapan pengesahan APBD 2024," katanya.

Baca juga: Serapan anggaran Otsus Papua Biak mencapai Rp31,6 miliar

Sesuai visi misi Bupati Herry Ario Naap akan mewujudkan generasi emas Biak yang religius, berkarakter, dan berbudaya.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023