Sebagian besar adalah makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan, minuman serta makanan berat. Selain karena memang kebutuhan dasar pengunjung, hadirnya mereka juga menjadi kesempatan yang baik untuk berinteraksi dan memperluas produknya ke khala
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina menggandeng puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk lebih dari 10 mitra binaan Pertamina untuk turut memeriahkan gelaran Pertamina Eco RunFest 2023 di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (26/11).

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Pertamina berkolaborasi dengan berbagai UMKM dan perusahaan untuk menyediakan ruang agar mereka dapat membuka stand bazar makanan dan minuman.

"Sebagian besar adalah makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan, minuman serta makanan berat. Selain karena memang kebutuhan dasar pengunjung, hadirnya mereka juga menjadi kesempatan yang baik untuk berinteraksi dan memperluas produknya ke khalayak luas," kata Fadjar di Jakarta, Minggu.

Fadjar menjelaskan, selain untuk memeriahkan acara, langkah perseroan menggandeng berbagai mitra itu sebagai wujud cerminan pemberdayaan para pelaku UMKM di Indonesia.

Salah satu mitra binaan Pertamina dari Korean Food Salwa, Rohmah mengungkap kegembiraannya terlibat dalam kegiatan Pertamina. Ia yang berasal dari Semarang mengaku penjualannya sangat ramai pada ajang ini.

"Luar biasa antusiasmenya. Kita dari Semarang dan pertama kali ke Jakarta. Ramainya sampai begini. Saya harap dapat sering ikut dalam event semacam ini. Tadi juga Bu Dirut Pertamina langsung pesan dan coba, katanya Alhamdulilah enak. Gak pake tanya produk langsung pesan," ujarnya.

Selain stand UMKM, subholding Pertamina juga membuka booth yang tak kalah ramai. Beberapa subholding turut membawa UMKM binaannya dengan berbagai produk.

"Kami juga membawa mitra binaan Teman Istimewa, yaitu usaha kopi yg dibuat oleh komunitas difabel. Sehingga pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan sobat istimewa difabel. Satu lagi UMKM yang dibawa adalah mangga agrimania, sebagai produk unggulan dari kilang balongan dimana mangga ini memiliki ukuran yang cukup besar dan rasanya manis," jelas Corporate Secretary Pertamina Kilang Internasional Hermansyah Y Nasroen.

Dalam acara yang sama, Pertamina juga menyalurkan bantuan dana Rp3 miliar untuk Palestina melalui Kedutaan Besar Palestina di Indonesia. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kepada Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun.

“Khusus tahun ini, kita memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita di Palestina. Di tengah-tengah keceriaan kita hari ini, kita tetap harus memberikan perhatian untuk Palestina. Tadi alhamdulillah Dubes Palestina sudah hadir dan kita semua memberikan bela sungkawa,” kata Nicke.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Baca juga: Pertamina Eco RunFest 2023 dihadiri sekitar 20.000 pengunjung

Baca juga: Pertamina buka peluang pembalap masuk VR46 Riders Academy mulai 2025

Baca juga: Pertamina Patra Niaga operasikan 51 lembaga penyalur BBM Satu Harga

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023