Jakarta (ANTARA) - Klub asal ibukota Jerman Union Berlin menunjuk Nenad Bjelica sebagai pelatih baru mereka menggantikan Urs Fischer, pada Minggu.

Union menyelesaikan musim lalu dengan menduduki posisi keempat di klasemen, namun mereka kini menghuni zona degradasi setelah hanya mampu mengumpulkan tujuh poin dari 12 pertandingan.

“Union adalah klub yang dikelola dengan baik di salah satu liga papan atas Eropa. Pekerjaan saya adalah untuk memimpin tim melewati masa sulit dan kembali memperlihatkan kekuatan mereka,” kata Bjelica dalam pernyataan klub yang dikutip dari AFP.
 
Setelah memiliki karier sebagai pemain di Jerman, Spanyol, Austria, dan kampung halamannya Kroasia, Bjelica memulai karier kepelatihannya.

Bjelica membawa tim divisi ketiga Austria Wolfsburg AC masuk ke strata tertinggi Austria, sebelum memimpin Austria Vienna mengikuti fase grup Liga Champions untuk pertama kalinya.

Sebagai pelatih Dynamo Zagreb, Bjeica membawa klub itu menjuarai Liga Kroasia, Piala Kroasia, dan Piala Super.

Dalam lima setengah tahun di bawah asuhan Fischer, Union berhasil promosi ke divisi teratas Jerman untuk pertama kalinya dan dalam empat musim mampu mencicipi kompetisi Liga Champions.

Baca juga: Union Berlin pisah jalan dengan pelatih Urs Fischer

Meski demikian, pelatih asal Swiss itu hengkang dengan kesepakatan bersama pada awal November, dengan kondisi klub tersebut menghuni dasar klasemen setelah menjalani 14 pertandingan tanpa kemenangan.

“Saya yakin bahwa Nenad Bjelica, dengan banyaknya pengalaman sebagai pemain dan pelatih, sangat cocok untuk tim kami,” kata direktur olahraga Oliver Ruhnert.

“Kami mendapatkan pelatih berpengalaman yang telah bekerja dengan sukses di sejumlah negara,” demikian pernyataan presiden Union Dirk Zingler.

Union bermain imbang 1-1 dengan Augsburg pada Sabtu (25/11) untuk mendulang poin pertama mereka di liga sejak Agustus silam, dan mendongkrak mereka dari dasar klasemen.

Union akan bertemu Braga di Liga Champions pada Rabu (29/11) mendatang.

Meski telah dipastikan gagal menembus fase gugur, Union masih berpeluang tampil di Liga Europa jika mampu finis di posisi ketiga di grup mereka.

Baca juga: Gol tunggal Giacomo Raspadori bawa Napoli taklukkan Union Berlin
Baca juga: Gol larut Jude Bellingham bawa Real Madrid taklukkan Union Berlin 1-0
Baca juga: Dortmund taklukkan Union Berlin, RB Leipzig tekuk Hertha Berlin

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023