“Enggak mangkir, itu ‘kan lembaga, yang namanya lembaga ‘kan yang penting ada yang datang. Masa saya harus datang terus? Yang namanya lembaga kalau si A datang mewakili lembaga itu artinya tidak mangkir namanya,”
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan LKBN Antara pada Minggu (26/11), mulai dari KPU menanggapi ketidakhadiran anggota dalam sidang pemeriksaan pelanggaran administratif pemilu mengenai keterwakilan perempuan hingga Koordinator Nasional (Kornas) Kader PeTiGa mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Berikut rangkuman berita politik kemarin untuk Anda simak kembali.

1. KPU tanggapi ketidakhadiran di sidang keterwakilan perempuan

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin menanggapi ketidakhadiran anggota KPU RI dalam sidang pemeriksaan pelanggaran administratif pemilu mengenai keterwakilan perempuan kurang dari 30 persen pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

“Enggak mangkir, itu ‘kan lembaga, yang namanya lembaga ‘kan yang penting ada yang datang. Masa saya harus datang terus? Yang namanya lembaga kalau si A datang mewakili lembaga itu artinya tidak mangkir namanya,” kata Afifuddin di GOR Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu malam.

Selengkapnya di sini.

2. OSO: Kedatangan Mahfud Md di Kalbar satukan berbagai etnis

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO mengatakan Kedatangan calon wakil presiden (cawapres) Mohammad Mahfud Mahmodin alias Mahfud Md di Kalimantan Barat telah menyatukan berbagai etnis.

"Orang-orang Tionghoa Kalbar kumpul, saya enggak menyangka sebegitu banyak dan mereka pidato. Kapan sih kita bisa secocok ini soal antara suku sama suku sama Tionghoa sama segala macam. Tadi itu bagaikan bersaudara mereka Madura dengan Tionghoa," kata OSO di Pontianak, Minggu.

Selengkapnya di sini.

3. Anies apresiasi warga PSHT siap kawal Pemilu 2024 aman dan damai

Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyatakan apresiasi kepada warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di wilayah Madiun dan seluruh Tanah Air yang siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

"Sebagai rasa hormat, ketika menerima undangan PSHT, saya memilih untuk datang langsung dan menyampaikan apresiasi atas itikad PSHT ikut memantau, mengawasi dan memastikan tidak ada kecurangan, sehingga hasil Pemilu 2024 sesuai aspirasi masyarakat," ujar Anies saat menghadiri Deklarasi Pemilu Damai PSHT di Stadion Wilis Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu.

Selengkapnya di sini.

4. Kornas Kader PeTiGa deklarasi dukung pasangan Prabowo-Gibran

Koordinator Nasional (Kornas) Kader PeTiGa mendeklarasikan dukungan kepada Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi, kami sebagai kader yang militan, yang mempunyai visi yang sama, mendukung Prabowo Subianto sebagai presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya," kata Presidium Kornas Kader PeTiGa Azazie di kawasan Pancoran, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

5. PPP soal kader dukung Prabowo-Gibran: Kami tetap solid Ganjar-Mahfud

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) Achmad Baidowi menegaskan pihaknya tetap solid mendukung Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Achmad Baidowi mengemukakan hal itu ketika menanggapi deklarasi oleh Koordinator Nasional (Kornas) Kader PeTiGa untuk mendukung Pasangan Capres dan Cawapres RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu siang.

"Mungkin yang menyampaikan beda dukungan itu dahulunya pernah masuk di struktur PPP. Akan tetapi, sekarang kami pastikan bahwa struktur PPP solid," kata pria yang akrab disapa Awiek, saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023