... ini harus dipertimbangkan... setiap negara bebas menampung siapapun yang diinginkannya... "
Buenos Aires (ANTARA News) - Ibu Negara Uruguay, Senator Lucia Topolansky, Senin, mengatakan, negaranya akan mempertimbangkan memberikan suaka kepada buronan mantan kontraktor intelijen Amerika Serikat kontraktor Edward Snowden.

"Masalah ini harus dipertimbangkan, setelah permintaan diajukan," kata Topolansky.

"Uruguay secara tradisional telah menjadi negara yang memberikan suaka. Saya berpikir setiap negara bebas menampung siapapun yang diinginkannya," kata dia.

"Setiap negara memiliki aturan sendiri dan membuat keputusan sendiri, dan tidak ada yang diperbolehkan untuk mengganggu kedaulatan negara lain," katanya.

Snowden, yang dicari Amerika Serikat karena membocorkan rincian program penyelidikan rahasia yang diduga ditargetkan pada jutaan orang Amerika Serikat, telah mengajukan permintaan suaka ke lebih dari 20 negara.

Sebagian besar dari permintaan tersebut telah ditolak, atau negara-negara itu mengatakan bahwa mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional itu harus hadir di tanah mereka untuk mengajukan aplikasi tersebut.

Namun, para pejabat tinggi di Venezuela, Nikaragua, dan Bolivia, mengatakan pada akhir pekan, negara mereka bersedia untuk memberikan suaka kepada Snowden.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013