Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan Rp10 Miliar lebih donasi yang dikumpulkan dari 474.195 donatur kepada 135 pasien penerima bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

"Hari ini sebanyak tiga orang yang menerima bantuan donasi dari Kitabisa.com," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini usai menyerahkan donasi di Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Risma mengatakan donasi yang disalurkan saat ini melalui Kitabisa berjumlah Rp100 juta untuk Shaka Dary Rajendra, Muhammad Rafasha dan Sulastri untuk membantu biaya penunjang pengobatan dan kebutuhan selama perawatan.

"Anak-anak ini di rawat dengan baik hingga tuntas seperti saka yang terbaring saat ini sudah bisa bergerak aktif," ucap Risma.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh donatur melalui Kitabisa yang telah membantu biaya perawatan mereka.

"Alhamdulillah seperti Sulastri yang terluka bakar waktu itu saya melihat mukanya agak pesimis, namun ternyata bisa ditangani meskipun operasinya agak panjang," ungkapnya.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan pada penyandang disabilitas di Bangkalan
Baca juga: Kemensos cegah masyarakat jadi tuna netra di Palembang


Selain menyerahkan donasi Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menyerahkan bantuan ATENSI senilai Rp32.502.009 kepada Shaka, Rp43.395.065 untuk Rafasha dan Sulastri sebesar Rp40 juta.

"Sulastri mendapatkan bantuan sembako, nutrisi, kebersihan diri, kebutuhan sandang, peralatan sekolah, kewirausahaan, uang tunai dan kursi roda," kata Risma.
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kanan) menyaksikan Rafasha menggunakan sepeda yang diberikannya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/11/2023). ANTARA/Bayu Pratama S.


Risma menuturkan Kemensos terus melakukan pemantauan hingga sekarang masih ada beberapa pasien yang ditangani.

"Rata-rata anak-anak yang ditangani, ada beberapa korban yang kiranya berat dan membutuhkan biaya ekstra kami meminta bantuan ke Kitabisa.com," tutur Risma.
​​​​​​
Selain itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menyerahkan sepeda kepada Saka yang langsung digunakannya di dalam ruangan.

Hospital Coordinator Banten M Ali Prasetia yang mewakili Kitabisa menambahkan hingga saat ini kami terus membantu pasien yang terkendala dari segi pembiayaannya.

"Terima kasih juga kepada Kemensos telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bekerjasama dalam membantu pasien-pasien yang mengalami kendala pembiayaan," ujarnya.

Baca juga: Siswa di Bali gowes 393 km sebelum serahkan donasi ke yayasan sosial
Baca juga: Kemensos bantu lebih 6.000 orang jalani operasi katarak cegah kebutaan

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023