Beijing (ANTARA) - Pihak berwenang China meluncurkan serangkaian langkah untuk memperkuat layanan keuangan bagi perusahaan swasta sebagai bagian dari upaya membantu memacu pertumbuhan mereka.

Dukungan keuangan yang lebih kuat akan diberikan kepada perusahaan-perusahaan swasta, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi intensif, seperti industri rendah karbon, demikian bunyi surat edaran yang dikeluarkan bersama oleh delapan otoritas, termasuk People's Bank of China (PBOC) dan Administrasi Regulasi Keuangan Nasional China.

Surat edaran itu menekankan fasilitasi akses untuk diversifikasi saluran-saluran pendanaan, termasuk opsi kredit, obligasi, dan saham.

Selain itu, surat edaran tersebut juga mendorong upaya untuk meningkatkan dukungan kredit bagi pemohon kredit pertama kali, mendorong investor institusional untuk memasukkan obligasi korporat perusahaan swasta ke dalam portofolio mereka, dan mendukung perusahaan-perusahaan swasta dalam pencatatan di pasar modal serta merger dan akuisisi.

Perpaduan perangkat kebijakan moneter, insentif fiskal, dan dukungan asuransi akan digunakan untuk memobilisasi kesediaan lembaga keuangan untuk melayani perusahaan swasta.

Langkah-langkah ini diambil menyusul janji China sebelumnya pada tahun ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi swasta, dengan sejumlah otoritas berjanji akan memperbaiki lingkungan bisnis, meningkatkan dukungan kebijakan, dan memperkuat jaminan hukum.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023