Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini dalam beberapa tahun belakangan tengah fokus melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung sektor pariwisata di wilayah itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rejang Lebong Rector Vande Armada di Rejang Lebong, Senin, mengatakan Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak lokasi wisata menarik namun belum ditunjang oleh sarana infrastruktur memadai.

"Untuk mewujudkan Rejang Lebong sebagai kota wisata, pembangunan infrastruktur pendukung khususnya jalan menuju kawasan wisata akan terus dibangun oleh Pemkab Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan pembangunan infrastruktur jalan penunjang wisata ini pada tahun 2023 terdapat di beberapa lokasi dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD setempat.

Beberapa ruas jalan menuju objek wisata mereka bangun tersebut diantaranya perbaikan jalan menuju puncak Bukit Kaba, kemudian peningkatan jalan menuju Bukit Basah yang akan menjadi destinasi wisata baru di wilayah itu.

Selain itu pihaknya juga melakukan peningkatan jalan di menuju wisata kuliner di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang.

"Sedangkan pembukaan jalan menuju objek wisata Air Terjun Batu Betiang di Dusun Merasi Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya batal dilaksanakan," terangnya.

Rencana pembukaan jalan menuju obyek wisata Air Terjun Batu Betiang yang berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sepanjang 3 Km itu tidak bisa dilaksanakan karena hanya diizinkan selebar 2 meter, sedangkan alat beratnya lebih dari 2 meter.

Sementara itu pada tahun 2024 nanti pihaknya juga sudah merencanakan pekerjaan lanjutan pembangunan jalan menuju objek wisata Bukit Basah, kemudian peningkatan jalan menuju objek wisata Air Terjun Tri Sakti Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi.

"Peningkatan jalan menuju obyek wisata Air Terjun Tri Sakti ini akan kita lakukan dari arah Desa Sindang Jati, bukan dari Desa Belitar Seberang," jelas dia.

Dia berharap dengan dibangun nya infrastruktur pendukung pariwisata di daerah itu nantinya bisa memudahkan wisatawan yang datang ke lokasi wisata yang ada di Rejang Lebong.

Baca juga: Dinas Pariwisata Rejang Lebong kembangkan SDM desa wisata

Baca juga: Warga Rejang Lebong kembangkan wisata alam Bukit Batu Lantana

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023