Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Jamaluddin Jompa, MSc mengajak para peneliti di bidang kedokteran agar terus berupaya berkontribusi positif bagi perkembangan ilmu kesehatan dengan cara terlibat secara aktif mempresentasikan hasil-hasil temuannya.

Rektor mengatakan pelaksanaan Konferensi Internasional bertajuk “Research And Innovation For Health Improvement: From Lab To Community” yang digelar Rumah Sakit Pendidikan Unhas, berfungsi sebagai platform integrasi tiga pilar pendidikan tinggi, yang melibatkan pendidikan, penelitian, dan layanan kesehatan.

“Melalui kolaborasi erat antara fakultas kedokteran, peneliti, dan praktisi kesehatan, kami bertujuan untuk menciptakan lingkungan Sistem Kesehatan Akademik (SKA) yang optimal,” ujar Prof JJ dalam keterangannya di Makassar, Senin.

Dalam sistem layanan kesehatan yang terus berubah, menurut Prof JJ, Universitas Hasanuddin dan Rumah Sakit Unhas berkomitmen penuh terhadap penerapan layanan medis berbasis bukti. Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip kedokteran berbasis bukti yang menjadi landasan bagi pengembangan ilmu kedokteran.

Baca juga: Dubes Uni Eropa paparkan kebijakan dan kerja sama dengan Indonesia

Baca juga: FKep Unhas kunjungi Niigata University bahas keberlanjutan riset


Karena itu, menurut Rektor Unhas ke-13 itu,   Unhas dan Rumah Sakit Unhas memegang peranan penting dalam upaya peningkatan mutu dan reputasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Pemberian dukungan terhadap penyelenggaraan seminar internasional merupakan kontribusi nyata dalam memajukan bidang ilmu Kesehatan,” kata Prof JJ.

Sementara Direktur Rumah Sakit Pendidikan Unhas dr A Muh Ichsan, PhD., mengharapkan agar forum ilmiah itu memberi kesempatan bagi para peserta, khususnya akademisi, peneliti, dan praktisi kesehatan, untuk bertemu, bertukar informasi, dan menghasilkan ide-ide baru.

“Kolaborasi yang dihasilkan diharapkan dapat menghasilkan solusi inovatif yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu Kesehatan,” ujarnya.*

Baca juga: Rektor Unhas lepas 29 tim PKM menuju Pimnas 36 di Unpad

Baca juga: Rektor Unhas: NUNI perkuat kolaborasi inovasi masalah lingkungan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023