Secepatnya harus diselesaikan..."
Semarang (ANTARA News) - Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) diminta fokus dalam mempersiapkan jalur-jalur yang akan digunakan masyarakat pada arus mudik serta arus balik Lebaran tahun 2013.

"Dua instansi internal tersebut akan melaksanakan puncak tugas operasional pada Lebaran sehingga saya minta agar menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Gubernur Jateng Bibit Waluyo, di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Bibit saat memimpin rapat koordinasi ekonomi, keuangan, dan industri daerah Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kesiapan menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

Rapat koordinasi yang berlangsung di Gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks kantor Gubernur Jateng di Jalan Pahlawan Semarang itu dihadiri perwakilan kepolisian, TNI, kejaksaan, dan kepala daerah di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Khusus untuk Dinas Bina Marga Jateng, Bibit meminta agar secepatnya menyelesaikan pengerjaan pelebaran jalan di Bawen-Solo, Bawen-Magelang, dan Pringsurat-Banjarnegara sehingga tidak mengganggu arus mudik Lebaran tahun ini.

Gubernur Jateng yang akan berakhir masa jabatannya pada 23 Agustus 2013 itu juga meminta Dishubkominfo Jateng segera memasang rambu-rambu lalu lintas yang mudah dipahami pemudik, baik di jalur utama maupun di jalur alternatif.

"Secepatnya harus diselesaikan, kalau perlu dikerjakan siang dan malam karena waktunya tinggal 21 hari lagi," ujar mantan Pangdam IV/Diponegoro itu.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga Jateng Bambang Nugroho saat dikonfirmasi terpisah mengenai permintaan gubernur, mengatakan secara signifikan pada minggu ini dan minggu depan proses pengerjaan perbaikan jalan sudah selesai.

"Kalau tidak terkejar, ya jalan-jalan yang masih rusak atau dilebarkan itu akan dipadatkan agar bisa dilalui oleh masyarakat untuk sementara," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013