Bangkok (ANTARA News) - Spekulasi intensif mengenai masa depan Wayne Rooney tampaknya akan mendominasi headline media pekan ini ketika Manchester United yang memulai era baru di bawah David Moyes akan mengawali tur pramusimnya di Asia.

Ujian pertama Moyes sebagai bos United  yang diawali dengan laga persahabatan di Bangkok Sabtu nanti, akan berpusat pada teka teki bintang yang ingin hengkang itu dan pernah meminta ditransfer beberapa saat sebelum Alex Ferguson pensiun.

Daily Mail Selasa ini mengaitkan Rooney dengan tawaran senilai 60 juta poundsterling (Rp891 miliar) dari pesaing MU di Liga Premier, Chelsea, yang juga akan tiba di Thailand pekan ini, sekembalinya Jose Mourinho ke klub tersebut.

Awal baru Moyes dan Mourinho, serta pembukaan jendela transfer Juli-Agustus ini, akan terfokus kepada lawatan Asia mereka tahun ini yang juga bertepatan dengan datangnya Barcelona, Liverpool, Manchester City dan Spurs ke timur (Asia).

Setelah positifnya Manchester City dilatih Manuel Pellegrini, tiga kekuatan terbesar sepakbola Inggris akan berada di bawah kepemimpinan baru selama pramusim ini.  Mereka akan berlaga dari Kuala Lumpur sampai Sydney.

Arsenal akan menjadi tim Liga Inggris pertama yang melawat Vietnam, yang menandai meluasnya rengkuhan liga Inggris ke Asia yang memang populer di kawasan ini, sekaligus menarik keuntungan dari kawasan yang tengah berkembang tersebut.

Tur Liverpool ke Indonesia, Australia dan Thailand akan membuat striker Luis Suarez dalam sorotan berita, sedangkan Moyes akan menghadapi pertanyaan seputar kemungkinan kembalinya superstar Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Sepertinya Moyes akan membuat debut pertamanya bersama United, tidak di Old Trafford atau bahkan Manor Ground di Oxford di mana Ferguson mengawali debutnya pada 1986, melainkan di Stadion Rajamangala, Bangkok, kala menghadapi Thai All-Star XI.

Mantan manajer Everton ini mungkin akan lebih tenang memimpin skuadnya dan bisa menjauhkan Rooney dari sorotan media Inggris, di tengah tugas mustahilnya menyamai 38 tropi di era Ferguson.

"Siapa pun yang akan mengambil alih tugas ini tahu apa yang dilakukan manajer sebelumnya," kata Moyes. "Manajer sebelum ini memang luar biasa. Pencapaiannya tak akan bisa dilewati.

"Yang bisa saya lakukan adalah yang telah David Moyes lakukan sebelumnya. Saya pasti akan melanjutkan tradisi Manchester United."

Mourinho juga berharap membangun warisan di era kedua kepelatihannya di  Chelsea, setelah sempat menukangi Inter Milan dan Real Madrid, dan sepertinya akan membawa dua pemain anyar mereka Andre Schurrle dan Marco van Ginkel dalam tur ke Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Pria Portugis yang menyebuti dirinya dengan "Happy One" setelah kembali ke  London, mengaku membidik target baru, di samping membincangkan masa depan striker Fernando Torres dan kapten John Terry.

Manchester United menuju Sydney setelah Bangkok. Mereka juga akan mengunjungi Jepang yang adalah negerinya penyerang mereka Shinji Kagawa, selain juga Hongkong.

Arsenal akan bermain di Jakarta dan Hanoi sebelum melawat ke Jepang untuk menjalani laga melawan Nagoya Grampus yang adalah bekas klub Arsene Wenger.

Sedangkan Manchester City, Spurs dan Sunderland akan menjalani turnamen mini di Hongkopng, sementara raksasa Spanyol Barcelona akan melawat Bangkok dan Kuala Lumpur awal Agustus nanti.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013