Jakarta (ANTARA) - Perusahaan reasuransi, PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure), berhasil mempertahankan peringkat nasional atau rating Insurer Financial Strength (IFS) 'A+(idn)' dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings Indonesia. Fitch Ratings Indonesia mengafirmasi rating Tugure tersebut melalui keterangan resminya pada Rabu (22/11/2023). 

“Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Insurer Financial Strength (IFS) PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure) di 'A+(idn)' dengan Outlook Stabil,” demikian tertulis dalam keterangan resmi Fitch.

Fitch menjelaskan, hasil pemeringkatan tersebut mencerminkan posisi permodalan Tugure yang memuaskan, yang diimbangi oleh kinerja underwriting yang fluktuatif akibat tingginya eksposur perusahaan terhadap properti dan asuransi kredit jangka panjang. “Peringkat tersebut juga mencerminkan profil perusahaan yang 'moderat' dan risiko investasi yang terbatas,” demikian tulis Fitch.

Adapun, peringkat IFS Nasional 'A' menunjukkan kapasitas yang kuat Tugure untuk memenuhi kewajiban pemegang polis relatif terhadap seluruh kewajiban atau penerbit lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama, di semua industri dan jenis kewajiban.

Presiden Direktur Tugure Teguh Budiman mengatakan pihaknya berupaya untuk menjaga kinerja dan kualitas bisnis dengan tata kelola perusahaan yang baik demi memastikan kekuatan perusahaan dalam memenuhi kewajiban kepada para mitranya.

Berdasarkan hasil laporan keuangan unaudited per akhir kuartal III/2023, Tugure mampu meraih premi bruto senilai Rp2,25 triliun atau bertumbuh hingga 3,25% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada saat yang sama, Tugure mencatatkan klaim yang disetujui (settled claim) senilai Rp916,63 miliar. 

Teguh menjelaskan, capaian tersebut membuktikan komitmen perusahaan dalam memenuhi kewajiban kepada mitra asuransi atau cedant. 

"Tugure senantiasa menjaga komitmen dalam memenuhi kewajiban kepada mitra kami," jelasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023