Program ini berangkat dari fakta di lapangan yang dilihat langsung Pak Prabowo dan Mas Gibran bahwa masyarakat kita masih perlu dibantu untuk memenuhi kecukupan gizi
Jakarta (ANTARA) - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menggelar sosialisasi program makan siang dan susu gratis, serta bantuan gizi untuk anak-anak dan ibu hamil secara serentak di berbagai daerah Indonesia pada hari pertama kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua TKN Prabowo-Gibran Rosan P. Roeslani di Media Center Prabowo-Gibran, Jakarta, Selasa, menyampaikan gerakan sosialisasi itu digelar oleh TKN dan Tim Kampanye Daerah (TKD) di wilayahnya masing-masing.

"Mulai hari ini akan ada titik-titik yang diinisiasi oleh masing-masing daerah, di mana ada aktivasi makan siang gratis, bagi-bagi susu, dan juga bantuan gizi. Masyarakat akan mulai merasakan manfaat dari program tersebut dan memahami maksud Pak Prabowo dari program tersebut," kata Rosan P. Roeslani.

Dia menjelaskan program makan siang gratis untuk anak-anak sekolah dan para santri pesantren, kemudian bantuan gizi untuk anak-anak dan ibu hamil merupakan salah satu program utama pasangan calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Rosan menyebut program prioritas itu menjawab persoalan yang dihadapi secara langsung oleh masyarakat.

"Program ini berangkat dari fakta di lapangan yang dilihat langsung Pak Prabowo dan Mas Gibran bahwa masyarakat kita masih perlu dibantu untuk memenuhi kecukupan gizi," ucap Ketua TKN Prabowo-Gibran.

Dia melanjutkan stunting dan kesulitan memenuhi asupan gizi masih menjadi persoalan yang dihadapi para ibu, termasuk ibu hamil.

Baca juga: Prabowo berkantor seperti biasa pada hari pertama kampanye

Baca juga: Gibran tetap beraktivitas di kantor pada hari pertama kampanye


"Para emak-emak butuh dibantu untuk mengatasi kekhawatiran masalah gizi, ancaman stunting, serta pemenuhan kebutuhan makan siang bagi anak. Gizi untuk ibu hamil penting agar anak-anak Indonesia tidak kalah sejak dalam kandungan," ujar Rosan.

Dari beberapa lokasi yang menjadi sasaran sosialisasi program Prabowo-Gibran, sembilan di antaranya yaitu di Pulogebang (Jakarta), Jurumundi (Benda, Tangerang), Kampung Tambaklorok (Semarang, Jawa Tengah), Kampung Karanganyar Brontokusuman (Yogyakarta), Maricaya Selatan (Makassar, Sulawesi Selatan), Pettarani, Panakkukang (Makassar, Sulawesi Selatan), Jalan Poros Kapasa Raya (Bira, Makassar, Sulawesi Selatan), Babakan Hantap, Kiaracondong (Bandung, Jawa Barat), dan Jalan Irawati Gang 1 (Surabaya, Jawa Timur).

Walaupun demikian, kegiatan itu tidak dihadiri oleh pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran, karena keduanya memilih tetap bekerja alias tidak mengambil cuti pada hari pertama kampanye.

Prabowo tetap bekerja seperti biasa sebagai menteri pertahanan RI di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, begitu pun dengan Gibran, yang masih aktif menjabat sebagai Wali Kota Surakarta berkantor seperti biasa di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023