Jika dapat dikembangkan dan didorong lagi, maka AirAsia bakal membuka jadwal penerbangan setiap hari
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengharapkan agar kehadiran maskapai penerbangan AirAsia mampu menekan harga tiket pesawat dari Kupang maupun menuju Kupang.

"Selama inikan hanya dimonopoli oleh satu maskapai penerbangan, sehingga harganya sangat tinggi, sehingga dengan munculnya AirAsia tentu setidaknya meminimalisir harga tiket pesawat dari Kupang maupun menuju Kupang," kata Kepala Dinas Perhubungan NTT Isyak Nuka di Kupang, Selasa, saat Konferensi Pers penerbangan perdana AirAsia dari Denpasar ke Kota Kupang pada 16 Desember 2023.

Isyak mengaku bahwa memang saat ini yang menjadi masalah adalah harga tiket yang melambung tinggi untuk penerbangan intra NTT saja. Namun dengan mulai masuknya maskapai tersebut, diharapkan kedepannya bisa membuka rute baru untuk penerbangan intra NTT saja.

"Sehingga jika ada persaingan antar maskapai sudah pasti harga tiketnya akan lebih bersahabat," ujar dia.

Isyak menceritakan bahwa kehadiran maskapai penerbangan tersebut tidak terlepas dari perjuangannya yang pada empat tahun lalu bertemu dengan petinggi AirAsia dan mendiskusikan soal pembukaan rute ke Kupang.

"Saya nekad cari kantornya dan bermodalkan google map saya kemudian ketemu kantornya, lalu saya bertemu dengan pak Edwin dan setelah empat tahun, akhirnya masuk juga," ujar dia.

Menurut dia, sebagai ibu Kota Provinsi, pemerintah provinsi berharap agar maskapai-maskapai penerbangan besar bisa singgah di NTT dan melayani masyarakat NTT.

Tak hanya itu, dia juga berharap ke depannya jika sudah berhasil, dengan semakin banyak peminat AirAsia di NTT, maskapai tersebut bisa kembali membuka rute baru dari Kupang ke sejumlah bandara besar di NTT.

"Seperti di Sumba di bandara Tambolaka bisa disinggahi pesawat Airbus A320," ujar dia.

Lagipula, ujarnya, Sumba dikenal sebagai salah satu destinasi pariwisata yang digemari wisatawan luar negeri dan dikenal sebagai pulau terindah di dunia.

Head of Indonesia Affairs and Policy of Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi Soemawilaga mengatakan bahwa rencana pembukaan rute ke Kupang sebenarnya sudah lama direncanakan dan akhirnya terealisasi nanti pada 16 Desember mendatang.

Menurut dia, pada tahap awal, AirAsia akan memulai dengan penerbangan tiga kali seminggu yakni pada Selasa, Kamis dan Sabtu, sambil melihat perkembangan pasar.

"Jika dapat dikembangkan dan didorong lagi, maka AirAsia bakal membuka jadwal penerbangan setiap hari," ujar dia.

Baca juga: AirAsia buka rute baru Bali-Lampung dan Jakarta-Kota Kinabalu

Baca juga: Indonesia AirAsia raih pendapatan Rp4,9 triliun hingga September 2023

Baca juga: AirAsia pastikan perluas konektivitas BIJB Kertajati dukung pariwisata

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023