Kami senang bisa kembali menjadi maskapai pertama yang melayani rute domestik dari Kertajati menuju Denpasar.
Jakarta (ANTARA) - Indonesia AirAsia memastikan terus memperluas konektivitas udara dari dan ke Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka dalam mendukung sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat.

Adapun, Indonesia AirAsia pada Minggu ini resmi menjadi maskapai pertama yang melayani penerbangan komersial berjadwal domestik dari Kertajati, Jawa Barat (Jabar) ke Denpasar, Bali.

"Menyusul kesuksesan AirAsia di rute internasional, kami senang bisa kembali menjadi maskapai pertama yang melayani rute domestik dari Kertajati menuju Denpasar. Sekaligus ini membuktikan komitmen kami dalam menyediakan pengalaman perjalanan udara terbaik bagi pelanggan setia kami," ujar Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine Sinaga melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Veranita juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap hadirnya AirAsia di Bandara Kertajati.

"Kami merasa terhormat dan sangat menghargai kehadiran Kementerian Perhubungan yang telah berkenan turut merayakan pencapaian Indonesia AirAsia hari ini," ujarnya.

AirAsia juga mengapresiasi kepada pihak-pihak yang secara berkelanjutan memberikan dukungan, termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Majalengka, PT Bandara Internasional Jawa Barat, PT Angkasa Pura II serta berbagai pihak terkait lainnya.

Adapun, penerbangan perdana dari Bandara Kertajati ke Bandara I Gusti Ngurah Rai pukul 08.15 WIB itu, disertai seremonial pemotongan pita yang dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, dan didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat Muhamad Singgih, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, dan Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine Sinaga.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi komitmen dan inisiatif Indonesia AirAsia untuk menjadikan Bandara Kertajati sebagai pintu gerbang utama konektivitas udara dari dan ke Jabar.

"Kami harapkan ke depannya, Bandara Kertajati semakin ramai dan frekuensi dan layanan rute penerbangan Indonesia AirAsia dari dan ke Bandara Kertajati terus bertambah, sehingga mampu mendorong sektor pariwisata dan pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat maupun secara nasional," kata Menhub.

Untuk menyambut pembukaan rute domestik dari Bandara Kertajati tersebut, AirAsia menginformasikan bahwa penerbangan rute Kertajati-Denpasar (DPS) akan dilayani secara reguler setiap hari. Dari Kertajati-Denpasar nomor penerbangan QZ 751 dengan jadwal keberangkatan pukul 08.15 waktu setempat, dan Denpasar-Kertajati nomor penerbangan QZ 750 dengan jadwal keberangkatan pukul 07.00 waktu setempat.

Veranita pun menyampaikan bahwa AirAsia telah menempatkan Jabar (bermula dari Kota Bandung) sebagai salah satu destinasi wajib kunjung bagi para pelaku perjalanan udara di kawasan ASEAN.

"Kami bangga bisa melayani dari salah satu bandara terbesar di Indonesia ini dan optimis dapat membawa lebih banyak lagi masyarakat untuk bisa terbang menuju destinasi-destinasi favorit mereka, baik yang domestik maupun internasional. Ke depannya, Indonesia AirAsia juga akan berupaya untuk terus memperluas jangkauan dari dan ke Kertajati, seiring dengan perpindahan seluruh operasional dari Bandara Husein Sastranegara ke bandara ini," ujarnya pula.
Baca juga: Penjabat Gubernur Jabar ajak ASN Jateng terbang dari Bandara Kertajati
Baca juga: Penjabat Gubernur Jabar: 12 organda dukung konektivitas BIJB Kertajati

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023