Kami memperkirakan rute-rute itu sangat dibutuhkan masyarakat. Secara historis memang banyak jumlahnya. Bulan April kami targetkan.
Majalengka (ANTARA) -
Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, segera menambah rute baru penerbangan reguler yang bisa terealisasi pada April 2024.
 
Direktur Utama (Dirut) PT BIJB Muhammad Singgih di Majalengka, Jumat, mengatakan rute penerbangan yang bakal ditambah itu dari BIJB Kertajati menuju Surabaya, Banjarmasin, Pontianak, dan satu rute internasional ke Singapura.
 
Ia menilai penambahan rute itu sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya penumpang di daerah penyangga seperti Cirebon dan sekitarnya untuk mendukung mobilitas mereka.
 
“Kami memperkirakan rute-rute itu sangat dibutuhkan masyarakat. Secara historis memang banyak jumlahnya. Bulan April kami targetkan,” ujarnya.

Baca juga: Bandara Kertajati catat 30.078 penumpang selama libur panjang
 
Singgih menyampaikan penambahan rute di luar perjalanan reguler saat ini bisa segera dilaksanakan, karena dari sisi regulasi pun mengizinkan hal tersebut terjadi.
 
“Kalau izin sudah ada tinggal diaktifkan saja dan dikomunikasikan dengan maskapai penerbangan,” tutur dia.
 
Selain menambah rute baru, lanjutnya, BIJB Kertajati juga sedang mengoptimalkan kembali perjalanan dari bandara itu menuju Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Ia memastikan semua kebijakan yang dilakukan PT BIJB bertujuan agar aktivitas penerbangan di bandara tersebut semakin meningkat.
 
“Saat ini yang paling diminati masyarakat itu rute penerbangan menuju Denpasar, Bali. Tingkat okupansi pesawat rata-rata di atas 70 persen,” imbuhnya.
 
Dia menambahkan sejak beberapa bulan terakhir, pihaknya menggencarkan sosialisasi dan promosi melalui sejumlah platform untuk menjangkau penumpang baru agar bisa melakukan perjalanan dari BIJB Kertajati.

Baca juga: Super Air Jet buka rute Padang - Kualanamu pergi pulang setiap hari
 
Selain fasilitas yang memadai, tutur dia, sejumlah transportasi antarmoda pun sudah tersedia sehingga penumpang lebih mudah untuk menjangkau akses menuju atau dari BIJB.
 
“Kami optimis penumpang di Bandara Kertajati akan meningkat seiring berjalannya waktu. Tinggal bagaimana kita mengenalkan bandara ini agar masyarakat terbiasa terbang dari Kertajati,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024