BIJB Kertajati akan mengoptimalkan izin rute penerbangan yang sudah ada saat ini untuk masa tahun 2024
Majalengka, Jawa Barat (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, mencatat jumlah penumpang selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencapai sebanyak 30.078 penumpang.

"Total penumpang 30.078 orang dengan jumlah 220 penerbangan," kata Executive General Manager BIJB Nuril Huda Mahmudan di Majalengka, Jabar, Sabtu.

Nuril menyebutkan jumlah penumpang di BIJB Kertajati itu dihitung sejak 23 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024, dengan tingkat keterisian pesawat (load factor) rata-rata mencapai 81,8 persen.

Dari jumlah rute perjalanan yang ada, menurut dia, selama musim libur panjang ini tingkat okupansi pesawat paling banyak menuju Denpasar, Bali, yang tercatat sekitar 60 persen.

"Disusul, Balikpapan sekitar 19 persen dan Kualanamu Medan sekitar 11 persen," ujarnya.

Nuril menyampaikan selain perjalanan penumpang, selama libur panjang angkutan penerbangan kargo pun mengalami lonjakan dengan jumlah barang yang diangkut sampai 150 ton.

Secara keseluruhan, kata dia, penerbangan di BIJB Kertajati sudah menunjukkan tren positif khususnya selama masa libur Natal dan tahun baru kali ini.

Lebih lanjut, dia menyatakan BIJB Kertajati akan mengoptimalkan izin rute penerbangan yang sudah ada saat ini untuk masa tahun 2024.

"Dan, akan ada penambahan flight kargo dari maskapai Citilink," katanya.

Dalam memaksimalkan pelayanan terhadap penumpang, BIJB Kertajati juga rutin melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat karena saat ini akses menuju fasilitas penerbangan itu sudah cukup mudah untuk dijangkau.

Selain itu, pihaknya juga terus mengupayakan kegiatan promosi agar aktivitas penerbangan di bandara tersebut semakin ramai pada 2024.

"Ada tiga kota (Medan, Balikpapan, dan Denpasar) yang kita kelilingi jadi tiga besar tujuan dari Kertajati, karena adanya beberapa kerja sama antara pelaku wisata di daerah tersebut," ucap dia.

Baca juga: Menparekraf siapkan paket wisata baru dukung operasional BIJB
Baca juga: Dirut: Keterisian pesawat di BIJB Kertajati sudah di atas 75 persen
Baca juga: Dirut: BIJB Kertajati siap layani penumpang libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024