Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Prof dr Chaidir Arif Mochtar, Sp.U(K), PhD mengatakan tumor pada ginjal berpotensi muncul atau tumbuh lagi walau sudah diangkat melalui operasi.

"Kemungkinan tumor ginjal diangkat tetapi muncul kembali, itu memang suatu risiko yang ada. Walau merasa sudah bersih. Penyebabnya bermacam-macam. Tentu, sel-sel tumor bukan yang mudah terlihat," ujar dia dalam acara bertema "Kanker Ginjal Stadium Lokal dan Metastatic" yang digelar daring, Selasa.

Di sisi lain, pada pasien yang terpaksa harus diambil salah satu ginjalnya, maka masih ada harapan untuknya hidup lebih lama. Ini asalkan fungsi ginjal yang tersisa masih baik dan tak ada tumor yang tumbuh pada ginjalnya.

Baca juga: Nyeri pinggang tanda kanker ginjal atau batu ginjal sulit dibedakan

"Kalau misalnya ada sisa dan tumornya tumbuh lagi, akan membuat usia harapan hidup menjadi lebih pendek," kata Chaidir.

Chaidir kemudian mengatakan faktor yang menentukan pasien penyakit ginjal hidup normal bukan tentang satu atau dua ginjal yang dia miliki, melainkan ada atau tidaknya penyakit diabetes dan hipertensi yang dialami. Kedua penyakit ini, yang menyebabkan pasien dengan masalah ginjal bisa mengalami gagal ginjal kronik atau menahun.

"Kalau sudah sampai stadium lima dari gagal ginjal tersebut, maka pengobatan yang terbaik adalah dilakukan transplantasi ginjal sehingga kita harus aware akan faktor-faktor yang bisa menyebabkan penyakit diabetes dan hipertensi," kata dia.

Baca juga: Dokter: Konsumsi obat tanpa resep tingkatkan risiko gagal ginjal

Chaidir menuturkan meskipun pasien atau seseorang masih memiliki dua ginjal, namun bila dia memiliki diabetes dan hipertensi maka fungsi ginjalnya perlahan akan turun seiring waktu.

Dia lalu mengingatkan, agar seseorang tak sampai mengalami masalah ginjal apalagi gagal ginjal dan bahkan kanker ginjal, disarankan melakukan deteksi dini. Ini dikatakan suatu jalan satu-satunya untuk menurunkan mortalitas (angka kematian) maupun morbiditas (angka kesakitan) akibat kanker ginjal.

Baca juga: Dokter Urologi: Abaikan sakit batu ginjal bisa berujung gagal ginjal
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023