Windhoek (ANTARA) - Otoritas Namibia menyita 24 gading gajah dalam sebuah operasi berbasis intelijen oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Kehutanan, dan Pariwisata (Ministry of Environment, Forestry, and Tourism/MEFT) Zambia serta otoritas keamanan yang menargetkan sindikat Zambia yang terlibat dalam perburuan gajah transnasional di Botswana melalui wilayah Zambezi.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (26/11), juru bicara kementerian itu, Romeo Muyunda, mengatakan bahwa petugas keamanan mencegat sebuah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut gading gajah dan menangkap satu tersangka. Tujuh orang lainnya berhasil melarikan diri.

"Seorang pria berusia 37 tahun ditangkap dan ditahan di sel tahanan Katima Mulilo dan akan didakwa. Dia dijadwalkan muncul di hadapan publik kali pertama pada 27 November 2023," kata Muyunda.

Dia memuji respons cepat dan efektif para penegak hukum, seraya menekankan dedikasi negara tersebut dalam memerangi kejahatan terhadap satwa liar.

"Kami berinvestasi dalam mengejar pelaku kejahatan terhadap satwa liar. Kami akan mengerahkan segala upaya untuk melindungi satwa liar kami," imbuh Muyunda. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023