Kami juga ingin pastikan bagaimana kesiapan Pemda, bagaimana peran Pemda dalam melancarkan mudik lebaran.
Jakarta (ANTARA News) - Komisi V DPR RI akan melakukan kunjungan kerja ke berbagai provinsi seperti Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Sumsel, hingga Sumbar terkait persiapan Idul Fitri 2013.

Kunjungan Komisi V DPR RI itu difokuskan stasiun, pelabuhan, terminal, bandara. Komisi V DPR RI akan membagi anggotanya ke dalam tiga tim untuk mengunjungi wilayah-wilayah tersebut.

"Diharapkan, dengan adanya kunjungan kerja, persiapan mudik lebaran berjalan dengan maksimal sehingga masyarakat bisa mudik ke kampung halaman dengan rasa nyaman, mudah, dan aman," kata anggota Komisi V DPR RI, Teguh Juwarno di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut rencana, kunjungan kerja itu akan dilakukan 20--25 Juli 2013. Teguh sendiri akan melawat ke Jateng, Jatim dan Sumsel.

"Kami juga ingin pastikan bagaimana kesiapan Pemda, bagaimana peran Pemda dalam melancarkan mudik lebaran," jelas dia.

Untuk jalur Pantai Utara (Pantura), Teguh meminta pemerintah bekerja keras untuk mempersiapkan sarana prasarana untuk mudik. Berdasarkan temuan dan laporan yang diterimanya, kondisi jalan yang akan dilintasi pemudik, khususnya jalur Pantura masih memprihatinkan.

"Jalan rusak dan perbaikan jalan maupun jembatan masih berlangsung, dikhawatirkan saat mudik belum siap," ujar Teguh. Hal sama disampaikan Rendy. Dari pantauannya, kerusakan di jalur Pantura sekarang ini lebih parah dari tahun lalu. "Banyak jalur mudik di pantura yang rusak, ada 6 titik perbaikan. Saya pesimis H-7 jalur itu sudah selesai diperbaiki," tegas Rendy.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013