Langkah strategis ini dilakukan lewat akuisisi pelanggan MNC Play yang merupakan penyedia jasa layanan jaringan berbasis fiber di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Indosat Ooredoo Hutchison berkolaborasi dengan Asianet (Lightstorm group company) dan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) untuk meningkatkan layanan digital kepada pelanggan.

"Langkah strategis ini dilakukan lewat akuisisi pelanggan MNC Play yang merupakan penyedia jasa layanan jaringan berbasis fiber di Indonesia," kata President Director and CEO of Indosat Ooredoo Hutchison dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Indosat Ooredoo Hutchison menyelesaikan pengalihan pelanggan MNC Play dan menggabungkannya kepada seratus juta pelanggan yang telah menikmati layanan Indosat.

Baca juga: Generasi muda jadikan ICStar sebagai ajang unjuk kemampuan IT

Indosat fokus pada pengembangan bisnis Fiber-to-the-home (FTTH) dan memastikan layanan yang lebih baik terhadap operasi MNC Play dan juga layanan pelanggan.

Asianet akan memiliki dan mengoperasikan semua aspek terkait jaringan fiber optik, sedangkan Indosat akan fokus pada aspek penjualan dan juga layanan pelanggan.

Tambahan layanan IPTV yang disediakan oleh MNC Play menjadikan Indosat HiFi tidak hanya menawarkan layanan broadband tapi juga tambahan entertainment seperti TV Kabel.

Lewat langkah tersebut, Indosat mempercepat langkahnya dalam meningkatkan kapasitasnya pada bisnis FTTH yang beroperasi di bawah brand Indosat HiFi. Melalui kolaborasi itu, Indosat juga menyambut 300 ribu pelanggan fixed-home internet yang bergabung dengan seratus ribu pelanggan Indosat lainnya.

Baca juga: Menkominfo sebut "Smart Kampung" solusi layanan digital di Banyuwangi

President Director of MNC Play Ade Tjendra mengatakan selama proses integrasi, pihaknya memastikan transisi yang mulus dan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

Lewat akuisisi itu, pelanggan dapat menikmati dan memilih antara FTTH atau Internet Protocol Television Services (IPTV) maupun kedua layanan dalam satu paket yang sama. Layanan tersebut berpotensi untuk mendorong lebih banyak akuisisi pelanggan dan meningkatkan pendapatan dari bisnis FTTH.

"Tim, mitra bisnis, dan juga klien kami berjalan beriringan bersama visi MNC Play dan berkonsentrasi pada amplifikasi dan menawarkan layanan konten video terbaik, baik lokal maupun internasional kepada pelanggan IPTV di Indonesia yang terus bertumbuh," ujarnya.

Lightstorm Group CEO & MD Amajit Gupta mengatakan lewat akuisisi tersebut, divisi FTTH Lightstorm, Asianet akan memiliki jaringan fiber lebih dari 15 ribu kilometer dan lebih dari 1,5 juta home pass di sepuluh kota di Indonesia.

"Akuisisi ini menjadi sebuah standar baru bagi industri dalam hal menghadirkan internet rumah tangga dan layanan entertainment berkualitas di Indonesia," tuturnya.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023