ICStar juga menjadi ajang untuk generasi muda untuk mengadu kemampuan dan bersaing dengan mahasiswa lain yang tersebar di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Generasi muda, khususnya mahasiswa, menjadikan ajang ICStar Hackathon sebagai ajang unjuk kemampuan menciptakan informasi teknologi (IT) yang diharapkan bisa mendukung kesejahteraan dan perekonomian nasional.

"ICStar juga menjadi ajang untuk generasi muda untuk mengadu kemampuan dan bersaing dengan mahasiswa lain yang tersebar di Indonesia," kata Chief Executive Officer PT Orbit Nasional Edukasi, Marcino Waas kepada media di acara Final ICStar Hackathon 2023 di Jakarta, Kamis.

Dikatakan, Kompetisi ICStar Hackathon merupakan kgiatan tahunan yang diselenggarakan sejak 2019 dan untuk tahun ini mengangkat tema Accelerating Digital Talents Potentials dalam mencari talenta-talenta muda dalam bidang informasi teknologi.

ICStar Hackathon 2023 disponsori oleh beberapa industri yaitu Indosat Ooredoo Hutchison, BCA, Adira Finance, KB Data Systems Indonesia dan di support oleh Drife, Sinergi Wahana Gemilang, IBM, EZxtract, Indonesia Career Center Network, IDStar Group, IFT Group powered bu ONE Indonesia.

Dikatakan, saat ini Indonesia mengalami kasus demografi yaitu 70 persen dari angkatan kerja diisi oleh anak muda yaitu generasi milenial dan zilenial. Generasi muda ini yang diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi, bisa bekerja di pasar kerja nasional maupun juga di pasar kerja global di era saat ini dengan perkembangan teknologi.

Data yang dikeluarkan oleh aplikasi job matching Karir Hub dari kementerian ketenagakerjaan, saat ini tercatat ada 620.185 pencari kerja yang menjadi salah satu upaya untuk memberikan jalan dan membuka peluang kesuksesan bagi talent potensial Indonesia dan juga di seluruh dunia.

"Selamat kepada para finalis dan juga kepada seluruh mahasiswa yang terpilih dari seluruh universitas di Indonesia dan dari Malaysia," katanya.

Bagi tim yang telah berkompetisi dan yang akan melanjutkan kompetisi untuk keenam finalis, tentu diharapkan ini menjadi pengalaman yang baik dan luar biasa karena peserta dapat berkompetisi untuk mendapatkan rekognisi, pengakuan dari pengguna atau serta mendapatkan hasil positifnya yang baik bagi adik-adik semua untuk bisa meniti karir di masa masa depan.

"Kegiatan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang tentunya dengan tema yang lain seperti kripto dan pengamanan siber," kata Marcino.


Baca juga: Pemerintah perkuat industri gim lokal melalui penerbitan Perpres
Baca juga: Bank Jago siapkan talenta digital unggul lewat Jago Digital Academy

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023