Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo--Mahfud Md menggalang dana massal melalui platform "Gotong Royong Rakyat”.

Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud, Arsjad Rasjid, di Jakarta, Rabu, mengatakan terobosan tersebut melibatkan seluruh elemen bangsa membiayai kegiatan kampanye Pilpres 2024 pasangan calon tersebut.

Inisiatif baru dari TPN Ganjar-Mahfud, diejawantahkan dalam penggalangan dana massal melalui platform digital yang diberi nama gotongroyongrakyat.id.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk ikut mengawal Pemilu yang Luber dan Jurdil. Menciptakan kampanye pilpres yang lebih etis, transparan, dan mengusung semangat partisipasi inklusif. Lewat galang dana ini, rakyat ikut bergotong royong dalam memenangkan Mas Ganjar dan Prof. Mahfud dalam Pilpres 2024," tutur Arsjad.

Baca juga: TPN: Kampanye perdana Ganjar-Mahfud ingin angkat semangat keadilan

Baca juga: Memasuki masa kampanye, ketua parpol-pimpinan TPN Ganjar Mahfud rapat


Menurut Arsjad, dalam mewujudkan pemilu yang Luber Jurdil (Langsung, Umum, Bersih, Jujur dan Adil) serta mengawal pesta demokrasi, masyarakat perlu terlibat aktif sebagai aktor, bukan hanya objek.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui penggalangan dana massal untuk pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud. Arsjad menegaskan penggalangan dana massal ini seperti slogan Mas Ganjar, yaitu "Tuanku ya Rakyat, Jabatan Hanya Mandat".

"Kami berkomitmen menjadikan kemenangan Ganjar-Mahfud sebagai Kemenangan Rakyat. Untuk itu, penggalangan dana massal menjadi sarana bagi masyarakat untuk bergotong royong secara nyata dalam memenangkan Ganjar-Mahfud mulai dari Rp10.000 saja," jelasnya.

Donasi dari rakyat itu nantinya digunakan untuk mendukung proses demokrasi yang bersih, yang melibatkan masyarakat luas. "Itulah sebabnya, kami menamai gerakan ini sebagai 'Gotong Royong Rakyat',” ungkap Arsjad.

Dana dari rakyat yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan kampanye, survei, dan kebutuhan lainnya.

Baca juga: TPN: Awal kampanye, aparat- penyelenggara Pemilu masih sesuai jalur

Arsjad mengungkapkan TPN berencana menggalang dana rakyat dalam 2 tahap. Pertama, melalui platform digital gotongroyongrakyat.id yang diluncurkan TPN. Kedua, melalui penjualan produk merchandise resmi Ganjar-Mahfud (official merchandise).

Platform donasi massal gotongroyongrakyat.id bisa diakses seluruh masyarakat Indonesia dengan minimal donasi Rp10.000 dan maksimal Rp2,5 miliar untuk donatur perorangan. Sementara itu, perusahaan bisa berpartisipasi mendukung Ganjar-Mahfud dengan maksimal donasi sebesar Rp25 miliar.

"Saat ini, platform gotongroyongrakyat.id baru bisa mengakomodasi donatur perseorangan. Insya Allah minggu ini akan kami rilis fitur baru yang bisa diakses perusahaan yang berencana ikut memberikan dukungan dana," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bendahara TPN Ganjar-Mahfud, Orias Petrus Moedak, menambahkan donatur wajib mematuhi seluruh ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyampaikan dukungan melalui platform gotongroyongrakyat.id.

TPN memastikan data pribadi para donatur dipastikan aman dan terjaga kerahasiaan-nya. "Dana yang terkumpul dari rakyat, 100 persen akan disalurkan langsung ke TPN melalui bank resmi pasangan calon Ganjar-Mahfud," katanya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023