Kerja sama ini memperluas jejaring FEB UI dengan perguruan tinggi di tingkat global.....
Depok (ANTARA) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menjalin kerja sama dengan Montpellier Business School (MBS) Prancis dan Maastricht School of Management, untuk internasionalisasi dan pengembangan kualitas institusi maupun lulusan guna mendukung Indonesia Emas 2045.

"Kerja sama ini memperluas jejaring FEB UI dengan perguruan tinggi di tingkat global yang diharapkan semakin meningkatkan kualitas FEB UI sebagai institusi serta SDM-SDM yang dihasilkan, terutama untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045," kata Dekan FEB UI Teguh Dartanto, di Kampus UI Depok, Rabu.

Untuk itu, kata Teguh, pihaknya terus berupaya mendorong kualitas lulusan dan FEB sebagai institusi yang memproduksi SDM-SDM berkualitas. Kerja sama ini semakin menegaskan dukungan FEB UI untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Saat ini, katanya lagi, FEB UI merupakan sekolah bisnis 'double-crown accreditation' pertama dan satu-satunya di Indonesia. FEB UI juga tercatat sebagai perguruan tinggi pertama Indonesia yang menjadi partner MBS.

Demikian pula bagi FEB UI, MBS merupakan partner perguruan tinggi Prancis pertama, dari total 10 universitas yang sudah bekerjasama dalam program double degree dengan Program Kelas Khusus Internasional di tingkat S1 FEB UI.

"Melalui program tersebut, diharapkan mahasiswa FEB UI memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai studi pilihannya. Selain itu, mereka mampu memandang dunia dari sudut pandang yang lebih kaya, dan mempelajari hal baru dari berbagai negara dan budaya," ujarnya.

Sebelumnya, Teguh telah lebih dulu bertemu dengan Xavier Rajot yang melakukan kunjungan ke Kampus FEB UI di Depok, Jawa Barat. Pertemuan tersebut dalam rangka menjajaki rencana partnership antara kedua institusi terkemuka tersebut.

Kepala Kantor Internasional, Ventura, dan Kerja Sama FEB UI Putu Geniki Lavinia Natih menambahkan, MBS merupakan salah satu top 10 sekolah Business dan Management terbaik di Prancis dan merupakan bagian dari 1 persen top business school di dunia yang memiliki predikat Triple Crown (memiliki 3 akreditasi internasional bergengsi AMBA, AACSB dan EQUIS).

Sesuai misinya, ujarnya lagi, MBS merupakan pioneer, leading, dan inclusive business school untuk mendukung mahasiswa bertalenta menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan mampu berkontribusi konkrit dan mentransformasi lingkungan kerja mereka.

Menurut Niki, hal ini sejalan dengan misi FEB UI untuk mencetak pemimpin bangsa yang bertanggung jawab dan mampu berkontribusi pada pembangunan global.

Ketua Program Kelas Khusus Internasional S1 FEB UI Isfandiarni menjelaskan mahasiswa FEB UI butuh tidak hanya mengasah academic skills, tetapi juga butuh membangun pengalaman hidup, building network yang luas dengan mahasiswa asing, dan diaspora Indonesia di luar negeri, serta melatih leadership dan teamwork skills.

Dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut, FEB UI dan MBS menjejakkan langkah awal persiapan kedua belah pihak sebagai mitra dalam penyelenggaraan program student exchange dan double degree untuk International Undergraduate Program (IUP).

Double degree untuk mahasiswa IUP pada program Bachelor of International Business Administration (BIBA) dapat ditempuh melalui dua skema pendidikan.

Pertama, mahasiswa menyelesaikan dua tahun pendidikan di UI kemudian melanjutkan dua tahun di MBS untuk Jurusan Manajemen. Kedua, mahasiswa menempuh tiga tahun pendidikan di UI dan satu tahun di MBS untuk Jurusan Manajemen dan Akuntansi.

Setelah lulus, mahasiswa yang mengikuti program tersebut akan memperoleh dua gelar Pendidikan, yakni Sarjana Ekonomi dari UI dan Diplôme en Management International des Affaires dari MBS.

Selain itu, FEB UI juga membina kemitraan strategis dengan Maastricht School of Management (MSM). Predikat MSM sebagai sekolah bisnis yang meraih triple crown accreditation tidak hanya sekadar menjadi referensi, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi FEB UI dalam upaya memajukan pendidikan dan penelitian di bidang bisnis.

Kerja sama FEB UI dengan MBS telah ditandatangani oleh kedua pihak di Montpellier, Prancis pada 16 November 2023.

Kerja sama ini juga sekaligus menandakan kiprah FEB UI dalam memperluas jejaring dengan universitas luar negeri, sekaligus sebagai partner perguruan tinggi Indonesia pertama bagi sekolah bisnis asal Prancis tersebut.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Dekan FEB UI Teguh Dartanto dan Dekan MBS Bruno Ducasse. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Kerja Sama Akademik Internasional dan Anggota Dewan MBS Xavier Rajot, Ketua Program Kelas Khusus Internasional S1 FEB UI Isfandiarni, dan Kepala Kantor Internasional, Ventura, dan Kerja Sama FEB UI Putu Geniki Lavinia Natih.
Baca juga: Riset UI menemukan 79 persen UMKM patuhi hukum lingkungan
Baca juga: Guru Besar UI: Perlu pengkajian kembali relevansi teori umum pemasaran

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023