Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun Jawa Timur mempromosikan potensi investasi yang ada di daerahnya kepada para investor dengan menggelar Forum Bisnis Investasi Promosi Potensi dan Peluang Investasi di Mojokerto.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun Arik Krisdiananto dalam keterangannya di Madiun Rabu mengatakan, kegiatan forum tersebut bertujuan untuk menggaet investor agar berinvestasi ke Kabupaten Madiun.

"Investasi mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu, angka pengangguran kita terserap dalam pendirian usaha-usaha baru oleh pihak investor," kata Arik.

Dia menjelaskan, tidak hanya ajang promosi, kegiatan forum bisnis tersebut juga sebagai ajang diskusi tentang masalah atau kendala yang dihadapi investor jika berinvestasi di Kabupaten Madiun.

Sesuai data, target nilai investasi tahun 2023 di Kabupaten Madiun mencapai sebesar Rp1,1 triliun.

"Pada triwulan ketiga, kami telah mencapai Rp1 triliun. Ini perlu didorong karena dampak investasi sangat luar biasa, termasuk penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Guna meningkatkan investasi di Kabupaten Madiun, DPMPTSP setempat terus melakukan promosi dan mempermudah syarat perizinan usaha.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kapasitas dan kepatuhan para pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Kota Madiun.

Tidak hanya itu, kemudahan dalam hal perizinan juga akan berdampak pada banyaknya penganekaragaman produk atau bidang usaha, yang muaranya meningkatnya investasi serta menambah pendapatan daerah.

Kegiatan Forum Bisnis Investasi Promosi Potensi dan Peluang Investasi digelar di Mojokerto dan dibuka oleh Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 16 investor dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait turut hadir dalam acara tersebut.

Pada kegiatan itu juga dilakukan dialog interaktif antara Pj Bupati Madiun dengan para pelaku bisnis.

Dialog tersebut membahas tentang pelayanan perizinan Pemerintah Kabupaten Madiun sebagai bentuk komitmen Pemkab Madiun untuk terus meningkatkan layanan investasi di wilayahnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023