Ternate (ANTARA) - Tim Persib Bandung melepas gelandang asal Ternate, Frets Butuan, yang akan memperkuat tim Malut United asal Maluku Utara (Malut) di Liga 2 PSSI tahun 2023 setelah pindah tugas sebagai anggota TNI-AD di Kodam XVI/Pattimura.

Asisten Manager Malut United FC, Willem Dominggus Nanlohy dihubungi, Kamis, membenarkan kepindahan pemain asal Persib Bandung, Frets Butuan akan pertugas sebagai anggota TNI di Kodam Pattimura sekaligus berkarir di Malut United berlaga di Liga 2 PSSI.

Menurut dia, Frets Butuan merupakan pemain kelahiran Kota Ternate tersebut akan perkuat tim Laskar Kie Raha, julukan Malut United, meskipun secara resmi manajemen Malut United belum mempublikasikan kontrak antara Frets Butuan dengan Malut United, namun berdasarkan informasi yang diperoleh prajurit TNI-AD itu akan menggunakan nomor punggung 72.

Sebelumnya, Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono mengatakan, Frets Butuan tidak lagi bergabung bersama tim saat sesi latihan. Frets pun absen saat Persib menang melawan Dewa United.

Baca juga: Frets Butuan antar Persib bekuk Madura United
Baca juga: Frets dan Igbonefo tembus 1.000 menit tampil bersama Persib

Terakhir bermain untuk Persib Bandung saat melawan Arema FC di Stadion GBLA 11 November.

"Karena pemindah tugasan, Frets mengajukan permohonan mengundurkan diri dari Persib. Karena masih ingin melanjutkan karir sepak bolanya, Frets mencari klub di tempat dia bertugas," ujanya.
Pemain Persib Bandung, Frets Butuan (Tengah-red) saat bersama wartawan ANTARA di objek wisata Bobanehena, Halmahera Barat, Kamis (30/11/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)
Dia mengatakan, Frets Butuan bergabung dengan Persib Bandung pada tahun 2019 dari PSMS Medan. Ia telah tampil 90 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 11.

Teddy menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemain yang sudah lima musim berseragam Persib Bandung. Beredar informasi bahwa Frets akan bergabung dengan Malut United FC di liga 2.

Sementara itu, Frets Butuan ketika dihubungi mengungkapkan bahwa keputusan yang diambilnya terbilang berat. Namun, ia mengaku tetap harus melanjutkan hidupnya.

"Ini waktunya saya mengucapkan salam perpisahan, sampai jumpa lagi untuk keluarga besar Persib," ujar Frets.

Selama lima musim bersama Persib Bandung, dirinya mengaku mendapatkan pengalaman yang mengesankan, banyak cerita di Bandung dan akhirnya memiliki banyak teman mendukung selama berkarir di daerah itu.

Baca juga: Frets ungkap motivasi di balik penampilan baiknya di Liga 1 musim lalu
Baca juga: Malut United usung target secepatnya naik ke Liga 1 pada musim perdana

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023