Di bulan Ramadhan ini, kami mau gelar yang namanya Monas Expo. Dalam acara ini, nanti ada banyak pedagang kaki lima (PKL) yang menjual macam-macam makanan khas Ramadhan,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Monas Expo, yaitu festival kuliner khusus di bulan puasa yang akan dilangsungkan di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat. 

"Di bulan Ramadhan ini, kami mau gelar yang namanya Monas Expo. Dalam acara ini, nanti ada banyak pedagang kaki lima (PKL) yang menjual macam-macam makanan khas Ramadhan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut Ahok, Monas Expo murni diselenggarakan oleh Pemprov DKI, yakni melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta.

"Karena ini murni acara Pemprov DKI, maka para pedagang yang berjualan dalam acara tersebut tidak kita kenakan biaya sewa sepeser pun alias gratis," ujar Ahok.

Ahok menuturkan konsep penyelenggaraan Monas Expo akan dibuat mirip seperti suasana Ramadhan di pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat yang menjajakan aneka ragam hidangan untuk berbuka puasa.

"Nanti, konsepnya seperti Pasar Benhil. Disana akan ada banyak pedagang yang menjual macam-macam makanan, mulai dari makanan ringan, makanan berat, makanan berbuka puasa, kue-kue, minuman dan lain-lain," tutur Ahok.

Sementara itu, Kepala Dinas KUMKMP DKI Ratnaningsih mengungkapkan Monas Expo akan diselenggarakan selama tiga hari, yakni mulai 18 hingga 20 Juli 2013.

"Monas Expo ini akan digelar selama tiga hari di Monas, dari Kamis (18/7) sampai Sabtu (20/7). Acara ini diperuntukkan bagi seluruh warga," ungkap Ratnaningsih.

Sebagai informasi, Monas Expo berbeda dengan Monas Fair. Meskipun sama-sama digelar di Monas pada saat Ramadhan, kedua acara tersebut berbeda dari segi pihak penyelenggara.

Monas Expo diselenggarakan secara murni oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KUMKMP DKI. Sedangkan, Monas Fair diselenggarakan murni oleh pihak swasta.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013