Alhamdulillah, antusias masyarakat dalam job fair sangat luar biasa.
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Job Fair 2023 atau bursa kerja sebagai langkah mengurangi angka pengangguran di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat dalam job fair sangat luar biasa," kata Asisten Administrasi Umum Provinsi Kepulauan Babel Yunan Helmi saat membuka Job Fair 2023, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan Job Fair 2023 ini digelar di halaman Perkantoran Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Kepulauan Babel yang diikuti ratusan pencari kerja dan perusahaan ini, tidak hanya dapat menekan angka pengangguran tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah itu.

"Dalam kegiatan bursa kerja ini kami menghubungkan langsung antara pihak perusahaan dengan pencari kerja sesuai dengan kompetensi dan pekerjaan yang diminati," ujarnya.

Dia mengatakan penempatan tenaga kerja merupakan salah satu program Pemprov Babel untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, mengurangi pengangguran serta meningkatkan kesempatan kerja, salah satunya melalui bursa kerja ini.

"Ke depannya akan kami upayakan secara rutin kegiatan bursa kerja ini guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi pencari kerja dan perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja," katanya pula.

Ia mengharapkan kegiatan job fair menjadi salah satu upaya peningkatan layanan dan perluasan kesempatan kerja yang membantu pencari kerja dalam memperoleh pekerjaan dan pada akhirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran terbuka di wilayah ini.

"Saat ini terdapat 667 pencari kerja serta 40 perusahaan yang hadir dalam kegiatan job fair, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerintah provinsi akan targetkan penyerapan tenaga kerja dilakukan sebanyak-banyaknya, karena masa pertumbuhan di Babel ini luar biasa, terutama di Pangkalpinang ini," katanya lagi.
Baca juga: Babel wajibkan perusahaan serap lulusan perguruan tinggi lokal
Baca juga: Babel mendorong industri hilir tingkatkan kualitas naker

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023