Tiket KA-KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan sejak Rabu (29/11) melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, maupun kanal-kanal penjualan tiket resmi lainnya.
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menyiapkan dua KA tambahan untuk dioperasikan pada masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 guna mengakomodasi kebutuhan transportasi masyarakat selama periode tersebut.

"Dua KA tambahan itu terdiri atas KA Kutojaya Utara Tambahan relasi dari Stasiun Kutoarjo-Pasarsenen pergi pulang (PP) dan KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto-Malang PP," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih, di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Dalam hal ini, kata dia pula, KA Kutojaya Utara Tambahan yang diberangkatkan dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 21.50 WIB dan tiba di Stasiun Pasarsenen pada pukul 06.38 WIB akan membawa rangkaian yang terdiri atas 7 kereta kelas bisnis dengan kapasitas 448 tempat duduk.

Dengan demikian, ujar dia lagi, KA Kutojaya Utara Tambahan menyediakan 8.064 tempat duduk selama masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Sementara KA Malioboro Ekspres sebelumnya melayani relasi Yogyakarta-Malang PP, namun pada masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menjadi relasi Purwokerto-Malang PP," katanya lagi.

Menurut dia, KA Malioboro Ekspres yang diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Malang pada pukul 16.14 WIB akan membawa rangkaian yang terdiri atas 3 kereta kelas eksekutif berkapasitas 150 tempat duduk dan 5 kereta kelas bisnis berkapasitas 320 tempat duduk.

Dengan demikian, kata dia pula, KA Malioboro Ekspres selama masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menyediakan 2.700 tempat duduk kelas eksekutif serta 5.760 tempat duduk kelas bisnis.

"Hadirnya KA tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI Purwokerto dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan pada masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Selain dua KA tambahan keberangkatan awal Stasiun Purwokerto tersebut, katanya pula, sejumlah KA tambahan dari daop lain juga akan melintas dan melayani penumpang di wilayah KAI Puwokerto, yakni KA Manahan relasi Gambir-Solo Balapan PP, KA Taksaka Tambahan Pagi relasi Gambir-Yogyakarta PP, KA Taksaka Tambahan Malam relasi Gambir-Yogyakarta PP.

Selanjutnya, KA Gajayana Tambahan relasi Gambir-Malang PP, KA Lodaya Tambahan Pagi relasi Bandung-Solo Balapan PP, KA Lodaya Tambahan Malam relasi Bandung-Solo Balapan PP, dan KA Tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng PP.

"Tiket KA-KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan sejak Rabu (29/11) melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, maupun kanal-kanal penjualan tiket resmi lainnya," kata Feni.
Baca juga: KAI-IPRS hadirkan miniatur lokomotif seri DD52 di Stasiun Purwokerto
Baca juga: KAI Purwokerto: Tiket KA masa angkutan Nataru masih tersedia

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023