Jakarta (ANTARA) - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengaku tidak khawatir pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 tersebut belum turun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk berkampanye.

Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah jauh-jauh hari bekerja menyambangi berbagai daerah di Indonesia.

"Yang pertama tadi kekhawatiran bahwa Pak Prabowo atau Mas Gibran itu belum kampanye sekarang. Nah, bahwa kerja-kerja itu, kalau menurut kami, sudah dilakukan juga dari jauh-jauh hari, bahwa kemudian ada implementasi atau perbuatan-perbuatan nyata dari Pak Prabowo di daerah-daerah pinggiran," kata Dasco dalam konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Anggota Komisi IX: Program bantuan gizi Prabowo-Gibran sudah tepat

Menurut Dasco, Prabowo dalam kapasitasnya sebagai ketua umum Partai Gerindra maupun sebagai pribadi telah turun ke daerah-daerah sebelum masa kampanye Pemilu 2024 dimulai.

"Di daerah-daerah timur misalnya itu, itu sudah dilakukan juga dari jauh-jauh hari, baik sebagai ketua umum Partai Gerindra maupun sebagai seorang Prabowo Subianto pribadi. Nah, itu juga ada banyak program yang kami jalankan yang dirasakan oleh masyarakat, walaupun kami tidak publish," jelasnya.

Selain itu, Dasco mengaku tidak khawatir karena pihaknya memiliki parameter untuk memiliki efektivitas kampanye seluruh pasangan calon (paslon) secara berkala.

"Kan ada parameter, ya, ada parameter. Nanti kita sama-sama lihat dari minggu ke minggu, bulan ke bulan, itu kemudian efektivitas kampanye dari masing-masing paslon," ujarnya.

Baca juga: Hashim minta TKN Prabowo-Gibran sikapi soal kebocoran data KPU

Untuk diketahui, sejak kampanye hari pertama pada Selasa (28/11), pasangan Prabowo-Gibran memilih untuk tidak mengambil cuti dan masih bekerja sebagai menteri pertahanan dan wali kota Surakarta.

Pada kampanye hari ketiga, Kamis, Prabowo terbang ke Malaysia untuk bertemu Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Putrajaya, Malaysia. Sementara itu, Gibran masih menjalankan tugasnya di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo terima kunjungan pesohor, dari Cipung hingga Iko Uwais

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023