Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. berencana berkampanye di Banten dan Jawa Timur dalam pekan ini.

"Besok iya, minggu ini. Jadi, besok pagi ke Pondok Pesantren Mathlaul Anwar, itu di Banten. Besok lusa, 2 hari ke Jatim," kata Mahfud di kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis.

Mahfud menjelaskan bahwa bentuk kampanye saat berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Mathlaul Anwar adalah silaturahmi.

"Besok saya ke Banten, ke Pondok Pesantren Mathlaul Anwar. Silaturahmi saja bentuk kampanye saya. Nah, sesudah itu nanti ke Jawa Timur, ke Mataraman," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut.

Beberapa daerah di Jatim yang akan dikunjunginya selama 2 hari adalah daerah tapal kuda atau daerah yang berada di bagian timur Jatim.

"Besok lusa, 2 hari ke Jatim, ke Trenggalek, Jombang, lalu Situbondo, daerah-daerah tapal kuda," ujarnya.

Sebelumnya, pada hari pertama masa kampanye, Selasa (28/11), Mahfud Md. berkampanye di Kota Sabang, Aceh.

Dalam kampanye tersebut, Mahfud menginginkan agar guru ngaji bisa naik kelas dengan peningkatan kesejahteraan guna mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan nasional.

"Kami sudah cantumkan program unggulan untuk Aceh, yaitu Program Unggulan Guru Ngaji. Program itu akan menghitung secara cermat, menyediakan secara sungguh-sungguh dana untuk para ustaz," kata Mahfud dalam sambutannya pada kampanye bertajuk Tatap Muka Gerak Cepat Ganjar-Mahfud di Taman Pasi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Sabang Aceh, Selasa (28/11).

Baca juga: Mahfud MD: Anak muda punya peluang raih kemajuan
Baca juga: Mahfud: Bebas bersyarat Edhy Prabowo sudah sesuai aturan


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023