Beijing (ANTARA) - Indeks manajer pembelian (purchasing managers' index/PMI) untuk sektor manufaktur China berada di angka 49,4 pada November 2023, turun dari 49,5 pada bulan lalu, demikian tunjuk data pada Kamis (30/11).

Pembacaan di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara pembacaan di bawah 50 mencerminkan kontraksi.

Subindeks untuk produksi tercatat di angka 50,7, tetap berada di jalur ekspansi, sedangkan indeks pesanan baru berada di angka 49,4. Secara khusus, permintaan di bidang obat-obatan, mobil, kereta, perkapalan, dan peralatan antariksa membukukan pertumbuhan yang stabil.

Subindeks untuk perusahaan-perusahaan besar tetap berada di zona ekspansi sebesar 50,5 pada November, dan berada di jalur ekspansi selama enam bulan berturut-turut.

Pertumbuhan kekuatan-kekuatan pendorong baru semakin cepat. PMI industri manufaktur teknologi tinggi kembali ke jalur ekspansi, yakni tercatat di angka 51,2, sedangkan industri manufaktur peralatan berada di angka 51,6.

Perusahaan-perusahaan mengantisipasi peningkatan aktivitas manufaktur dalam waktu dekat, dengan subindeks untuk produksi dan ekspektasi bisnis naik menjadi 55,8 dari 55,6 pada Oktober dan tetap berada di atas angka 55 selama lima bulan berturut-turut.

Data pada Kamis juga mengungkapkan bahwa PMI untuk sektor nonmanufaktur mencapai 50,2 pada November, menunjukkan berbagai aktivitas yang kuat di industri jasa dan konstruksi. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023